Ratusan Santri Situbondo Pulang Kampung

  • Bagikan
santri
IST/RADAR MANDALIKA SANTRI: Terlihat para santri berdesak-desakan naik bus, kemarin

PRAYA – Menjalang bulan suci Ramadan, ratusan santri Ponpes Salafiyah Safiiyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur yang berasal dari NTB pulang kampung.

Ketua Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSASS) Situbondo Rayon Lombok Tengah (Loteng), Zulkarnain Arifin mengatakan, pemulangan santri dibagi menjadi dua tahap yang dimana dihari pertama tanggal 24 Maret khusus untuk santri laki-laki yang berjumlah 349 orang berasal dari Loteng, Lotim, KLU, Sumbawa, Mataram dan Lobar yang terbagi menjadi 6 rombongan.

“Dari sekian jumlah santri yang dipulangkan sebagian besar di dominasi oleh santri yang berasal dari Lombok Tengah yang berjumlah 194 orang sementara untuk santri putri datanya masik kami rekap yang akan dipulangkan di hari kedua 26 Maret nanti,” ucapnya pada Radar Mandalika, kemarin.

Pemulangan ini adalah tradisi, sepuluh hari sebelum Ramadan para santri pulang ke kampung halaman dan akan kembali ke Ponpes sepuluh hari setelah Ramadan. Dari pengakuannya pemulangan melalui jalur darat dan laut ini membutuhkan waktu kurang lebih 18 jam perjalanan tergantung dari kondisi lalu lintas. Sehingga setiap bus sudah ada pendamping masing-masing untuk mengkoordinir sepanjang perjalanan dan dikawal langsung oleh pihak kepolisian untuk menjaga kondusifitas selama perjalanan.

“Lokasi penjemputan bagi para orangtua khususnya untuk santri yang berasal dari lombok tengah kita pusatkan di Masjid Agung Praya,” tutupnya.(cr-hza)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *