AKBP Bagus Nyoman Gede J (WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA)

LOBAR – Sebanyak 186 personel kepolisian diterjunkan Polres Lombok Barat (Lobar) untuk pengamanan dan penguraian kemacetan selama perayaan Lebaran Topat, Sabtu (29/4). Mereka tersebar di sejumlah destinasi wisata di lima kecamatan yang akan ramai didatangi masyarakat.

Kapolres Lobar, AKBP Bagus Nyoman Gede J menerangkan pihaknya sudah menyiapkan para personelnya Seperti di kawasan Labuapi pantai Kuranji sebanyak 19 personel, Pantai Induk Gerung sebanyak 29 personel, Pantai Cemara Lembar sebanyak 12 personel, Pantai Elak-elak Sekotong 18 personel dan Batulayar terbanyak 105 personel.

“Kita sudah siapkan personel-personel kita,” terang Bagus yang dikonformasi, Jumat (28/9).

Dia sudah meminta seluruh Kapolsek untuk membuat pos terpadu bersama unsur forkopimcam. Baik itu dari Puskesmas, Badan Keamanan Desa (BKD), hingga leading sekotor lainya. Bahkan ia mengingatkan agar setiap pos terpadu itu dilengkapi speaker atau toa untuk memberikan informasi ketika ada kejadian.

“Sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti orang tengelam, anak hilang dan musibah lainya bisa diantisipasi dengan cepat,” terangnya.

Khusus untuk kawasan Batulayar, Bagus mengatakan hampir total 105 personel yang diterjunkan dari unsur Polres Lobar. Belum termasuk penambahan bantuan BKO dari Polda NTB, Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga pihak Basarnas Mataram. Sebab acara perayaan yang digelar Pemkab Lobar akan di pusatkan di Pantai Duduk 3 Batulayar. Sehingga diprediksi akan terjadi kepadatan.

“Kita dapat tambahan BKO Polda, 10 personil tim urai kemacetan, 10 personil polairud dan satu kapal, dan masing-masing satu pleton Samapta dan brimob,” bebernya.

Terkait penguraian kemacetan jalur Batulayar-Senggigi pihaknya juga menempatkan sejumlah personel yang terbagi menjadi tiga titik. Dimana di titik pertama dari SPBU Meninting hingga Kantor Camat Batulayar ditempatkan sekitar 11 personel, kemudian titik kedua dari kantor Camat hingga simpang Alberto sebanyak 13 personel dan titik ketiga dari simpang alberto hingga Kerandangan 13 personel.

“Masing-masing pengal pengamanan jalan itu dikomandani satu orang penanggungjawab patroli. Dan kita juga menyiapkan tim urai kemacetan yang terdiri delapan orang satu regu kemudian empat personel dengan ambulan, kapal polairud,” jelasnya.

Tak sampai itu saja setiap lokasi pantai wisata di Kawasan Kecamatan Batulayar ditempatkan sejumlah personil kepolisian untuk penjagaan. Penempatan personil ditempat wisata itu demi memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengunjung selama merayakan perayaan lebaran topat.

“Terutama mengantisipasi kejahatan yang bisa saja terjadi seperti pencurian kendaraan bermotor, premanisme dan lain sebagainya,” ucapnya.

Pria yang dikenal ramah itupun mengimbau kepada seluruh pengunjung untuk tetap menjaga barang bawaannya. Serta mengawasi keluarga dan anak-anaknya demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

“Karena kebiasaan orang tua saat ditempat wisata asik sendiri tak melihat buah hatinya. Mohon tetap diawasi agar tidak tenggelam,” imbaunya.(win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 302

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *