Nasib Korban Gempa di KLU Belum Jelas

  • Bagikan
F bantuan
ARIF/RADARMANDALIKA.ID SERAHKAN: Gubernur NTB, H. Zulkifliemansyah saat menyerahkan bantuan kepada Wabup KLU, Denny Karter Febrianto disaksikan Kepala BNPB Pusat, Kamis kemarin.

MATARAM – Nasib ribuan kepala keluarga (KK) warga yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara tahun 2018 lalu, sampai dengan saat ini masih banyak rumahnya belum dibangun pemerintah. Bahkan sampai detik ini, belum ada titik terang kapan rumah mereka akan dibangun jenis rumah tahan gempa (RTG).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Ganip Warsito menegaskan, sejauh ini yang menjadi masalah soal administrasi yang belum juga rampung. Namun Ganip mengatakan masih  melakukan kordinasi agar anggaran yang tertahan bisa segera dicairkan, mengingat anggarannya sudah ada namun terkendala data dan BPK yang ingin ada verifikasi dari Dukcapil terkait kebenaran data yang ada.

“Masih berkoordinasi, kita memang ada administrasi ataupun data dukung yang  harus dilengkapi, nomor rekening dari penerima inikan harus di-verifikasi,” tegasnya di Mataram, Kamis kemarin.

“Kendalanya yaitu data dukung dari BPK,” sambungnya.

Sementara, Gubernur NTB,  Zulkieflimansyah mengatakan terkait dana yang mememang sudah ada dan terblokir ini memang karena masalah administrasi. “Sebenarnya dananya itu sudah ada masuk cuman sekarang ini diblokir karena ada data-data yang tidak singkron,,” kata bang Zul.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Lombok Utara, Denny Karter Febrianto justru enggan berkomentar banyak soal hal ini, dia hanya menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan kembali ke Jakarta untuk diurus.

“Dalam waktu dekat juga,” janjinya.(rif)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *