Makmur-Ahda Tunggu Rekom Hanura

Makmur Ahda scaled

RAZAK/RADAR MANDALIKA GROUP VISI MISI: H Lalu Makmur Said dan H Badruttamam Ahda, Lc (Makmur-Ahda) menyampaikan visi misi yang diadakan PKB di Hotel Lombok Raya Mataram, beberapa waktu lalu.

MATARAM – Kandidat bakal pasangan calon (Paslon) Wali Kota Mataram, H Lalu Makmur Said dan Wakil Wali Kota Mataram, H Badruttamam Ahda, Lc (Makmur-Ahda) belum lama ini bertandang ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Kedatangan paslon ini bersama Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hanura NTB untuk mendapat dukungan di Pilkada Kota Mataram 2020.

Pascabertemu dengan DPP Hanura, paket Makmur-Ahda tinggal menunggu rekomendasi dukungan dari partai tersebut. Jika rekom partai ini dikeluarkan untuk Makmur-Ahda maka modal dukungan semakin bertambah untuk maju di Pilkada Kota Mataram 2020. “Hari Senin (1/3) saya diundang di DPP untuk mengikuti fit and propertes mekanisme Partai Hanura,” ungkap Makmur, kemarin.

Belum lama ini ujar dia, sudah ada pertemuan dengan tiga partai politik (Parpol) yang bakal menjadi parpol pengusung kuat Makmur-Ahda. Pertemuan tersebut melibatkan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hanura. Sementara diketahui, bahwa Gerindra dan PKB sudah memberikan semacam surat tugas atau rekomendasi partai kepada Makmur-Ahda untuk menjajaki partai koalisi.

“Dibuat satu pernyataan bersama antara tiga partai pengusung. Gerindra dengan PKB dan ditambah dengan Hanura. Hanura berkepentingan untuk melampirkan persyaratan-persyaratan untuk dibawa ke DPP di Jakarta,” tutur dia.

“Kemudian hari Senin ditindaklanjuti dan saya hadir bersama Ustazd Ahda bakal calon wakil dan kemudian dilalukan fit and propertes yang intinya ada tiga,” imbuh Makmur.

Adapun tiga point penting yang menjadi pertanyaan DPP Hanura yang dimaksud Makmur. Diantaranya, kesiapan untuk menjajaki partai koalisi, komitmen kepada Partai Hanura dan Makmur-Ahda diharapkan untuk bisa bergabung di Hanura menjadi kader partai. “Itu antara lain yang diminta oleh DPP Hanura,” sebut dia.

Untuk itu, paslon Makmur-Ahda tinggal menunggu rekom dari Hanura pascamenjalani tes fit and propertes beberapa hari lalu. Jika ternyata Hanura mengeluarkan rekom dalam waktu dekat ini, maka modal minimal dukungan partai bagi Makmur-Ahda untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram sudah cukup. Dimana, syarat dukungan untuk maju di Pilkada Mataram 2020 lewat jalur partai harus mengantongi minimal delapan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Mataram.

Kalau Gerindra, PKB dan Hanura akhirnya membentuk koalisi untuk mendukung paslon Makmur-Ahda, maka sudah memenuhi syarat minimal yaitu delapan kursi. Dimana, Gerindra ada enam kursi di DRPD Kota Mataram hasil Pileg 2019, pada April lalu, untuk PKB dan Hanura masing-masing memperoleh satu kursi. 

“Kalau proses ini jalan dan kemudian dalam waktu dekat kami bisa mendapat rekomendasi, minimal persyaratan untuk mendapat delapan kursi untuk syarat mencalonkan diri sudah cukup,” kata Makmur.

Kendati demikian lanjut dia, masih ada tiga partai lagi yang menjadi bidikan Makmur-Ahda. Yaitu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai PKPI. Khusus PKPI kata Makmur, dalam waktu dekat, dirinya bersama Ahda akan diundang untuk menjalani fit and propertes di DPP PKPI di Jakarta. “Sementara PAN dan PPP itu sudah lebih awal,” tutur pria asal Lombok Tengah (Loteng) itu.

Diantara empat partai yaitu Hanura, PPP, PAN dan PKPI, satu saja diantaranya ternyata memberikan dukungan kepada Makmur-Ahda untuk tampil di Pilkada Kota Mataram 2020, sudah cukup memenuhi syarat minimal untuk modal daftar ke KPU Kota Mataram. Sebab, suara Gerinda dan PKB saja sudah tujuh kursi. Artinya, tinggal mencari dukungan satu kursi saja untuk bisa memenuhi syarat minimal sehinggal menjadi delapan kursi. Tentu dengan adanya koalisi parpol.

“Apalagi semuanya (partai). Jadi, kita optimis lah untuk bisa memenuhi persyaratan itu (delapan kursi). Insya Allah karena Gerindra sudah, PKB sudah, tinggal satu lagi. Salah satu yang kemarin adalah Hanura,” ungkap mantan Sekda Kota Mataram ini. (zak)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Pemkab Anggarkan Rp 9 Miliar Untuk RTLH

Read Next

Belum Kapok, Residivis Curanmor Berulah Lagi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *