Longsor, PDAM Terjun Lakukan Perbaikan di Utara

F PDAM

IST/RADARMANDALIKA.ID PERBAIKAN: Terlihat petugas PDAM saat melakukan penyambungan pipa ukuran besar di wilayah Kecamatan Batukliang Utara.

PRAYA – Belum lama ini terjadi longsor di bagian Utara Lombok Tengah. Dampaknya, pipa ukuran raksasa kini harus diperbaiki petugas perusahaan daerah air minum (PDAM). Bahkan sampai detik ini, proses penyambungan masih berlangsung.

Humas PDAM Lombok Tengah, M Lutfy mengatakan saat ini PDAM tengah melakukan pemasangan atau perbaikan pipa ukuran besar di Utara. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan debit air dari sumber mata air Tibu Lempanas di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara.
“Beberapa hari ini kita sedang melakukan pemasangan dan perbaikan pipa pada sumber mata air,” ungkapnya kepada media, Kamis kemarin.
Ia membeberkan, kapasitas air di Tibu Lempanas sekitar 200 liter perdetik, dan pihaknya menyatakan bahwa debit tersebut belum maksimal sehingga sedang dilakukan upaya-upaya maksimalisasi dalam rangka penambahan debit air.
“Pipa sekitar 300 meter dengan lokasinya yang curam dan terletak di antara sungai. Ini dilakukan untuk maksimalisasi pengairan yang ada di wilayah Kopang, Janapira, Praya Tengah, Pujut dan Praya Timur,” katanya.

Lutfy berharap, kedepan PDAM dapat melakukan zonasi untuk persoalan pelayanan misalkan. Katanya, zona Lempanas bisa mengairi wilayah timur, Tibu Nangklok dan Aik Bone mengairi wilayah tengah dan zona Sesere bisa mengairi wilayah barat mulai dari Pringgarata, Jonggat dan Praya Barat Daya.
Lutfy menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan berkurangnya debit air, ini tentu menjadi perhatian bersama dimana pembalakan hutan, galian C yang bisa berakibat fatal terhadap berkurangnya debit air.

“Kedepan ketika sudah ada direksi definitif kita perlu duduk bersama terkait penyaluran air bersih ini, jadi ini tidak hanya tugas PDAM saja,” tegasnya.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Agustus Musda Demokrat NTB

Read Next

Warga Desak Izin Pabrik Bintang ABC Mujur Dicabut

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *