Langkah Kades Sesait Dinilai Kurang Tepat

IMG 20191028 130032 HDR scaled

ROHADI/RADARMANDALIKA.ID Nasrudin


KLU-Pemberhentian tujuh orang perangkat desa di Desa Sesait, Kecamatan Kayangan Lombok Utara jadi sorotan banyak pihak. Salah satunya, politisi PPP Lombok Utara pun angkat bicara masalah ini.

Ketua DPC PPP Lombok Utara, Narsudin menilai langkah pemberhentian yang dilakukan kepala desa dinilai kurang tepat. Katanya, dalam aturan pun dia melihat ada beberapa ketentuan yang dilanggar oleh Kades Sesait. Bahkan dia menilai pemecatan perangkat desa yang dilakukan ini berdampak pada roda pemerintahan desa saat ini.

“Saya selaku anggota dewan juga menyayangkan langkah ini, kita tahu sendiri saat ini banyak peran desa dalam menangani pandemi Covid-19, salah satunya dalam bantuan sosial BLT DD, itu bisa menghambat,” tegasnya.

dia menilai juga, apa yang direkomendasikan oleh pemerintah daerah terhadap teguran atas pemecatan perangkat desa oleh kepala desa, dinilai sudah sesuai mekanisme. Bahkan penegak hukum pun kata Narsudin sudah membenarkan langkah Pemda. Dia mengaku khawatir jika masalah Desa Sesait dibiarkan atau mendapat legitimasi dari Pemda akan berdampak pada desa – desa lain.

Dimana, ada mekanisme jelas yang telah diatur dalam Perda 13 nomor 2016 tentang tata cara pemberhentian pengangkatan perangkat desa. Jika hal ini tidak diindahkan bupati pun berhak mengambil langkah starategis dengan mengacu UU 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan.

“Saya mendorong agar perangkat desa yang diberhentikan kemarin dikembalikan,” harapnya.(dhe)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Dewan Loteng Sorot Kualitas 2 Juta Masker

Read Next

Rapid Test Berbasis ASN di Lotim

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *