Kunjungan Jokowi ke Mandalika Bawa Angin Segar

  • Bagikan
f Karman BM
DOK PRIBADI FOR RADARMANDALIKA.ID Karman BM

MATARAM – Jadwal kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI, H. Joko Widodo ke Lombok dalam rangka meresmikan Pertamina International Street Circuit dan bypass BIL-Mandalika tanggal 12 November 2021 merupakan angin segara untuk pariwisata NTB.

Aktivis nasional asal NTB, Karman BM menilai kunjungan Jokowi ke Mandalika bisa menjadi trigger bangkitnya sektor pariwisata di NTB. “Secara simbolik kunjungan Presiden Jokowi ke Mandalika ini, tentu akan membawa benefit yang besar bagi NTB, terutama di sektor ekonomi dan pariwisata,” yakin Karman BM melalui keterangan resminya, Rabu kemarin.

Karman memaparkan, sejak pemerintahan Jokowi perhatian pemerintah pusat untuk pembangunan kawasan The Mandalika, Lombok Tengah sudah sangat luar biasa.

Katanya, kawasan wisata yang sebelumnya sempat mangkrak selama kurang lebih 29 tahun, berhasil beroperasi dan diresmikan Presiden Jokowi pada Oktober 2017 lalu. Mandalika pun ditetapkan sebagai satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional, dan menjadi bagian dari lima destinasi wisata superprioritas yang di dorong menjadi destinasi “Bali Baru”.

“Empat tahun yang lalu, tahun 2017 kawasan Mandalika yang puluhan tahun mangkrak,” sebutnya.

Pria yang akrab disapa Bang Karman ini mengatakan, perhatian pemerintah pusat yang demikian besar bagi pembangunan kawasan Mandalika, harus bisa diimbangi pemerintah daerah dan juga masyarakat NTB sendiri.

Menurut dia, intensitas Presiden Jokowi berkunjung ke Lombok khususnya Mandalika yang sering dilakukan, secara tidak langsung menjadi magnet promosi ke dunia luar.

“Sekarang tinggal Pemda, masyarakat terutama pelaku industri pariwisata bisa menangkap peluang-peluang ini,” sebutnya.

Diketahui, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah seri terakhir World Superbike (WSBK) Indonesia pada 19-21 November 2021. Katanya, WSBK Indonesia di Mandalika bakal jadi penentu persaingan juara antara Jonathan Rea dan Toprak Razgatiloglu. Persiapan penyelenggaraan balapan pemungkas WBSK di Mandalika ini pun disebut telah mencapai tahap final.

Dimana, lintasan balap telah selesai dalam pengerjaan dan tribune untuk penonton juga telah terpasang. Setelah sukses menggelar WSBK Indonesia 2021, Sirkuit Mandalika resmi jadi seri kedua dalam jadwal MotoGP 2022.

“MotoGP 2022 akan berlangsung sebanyak 21 seri yang akan berlangsung mulai Maret hingga November,” katanya.

 Dalam kalender MotoGP 2022 terdapat dua seri baru yaitu Indonesia dan Finlandia. Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia, akan menggelar seri kedua MotoGP musim depan pada 20 Maret 2022.

Bang Karman mengatakan, pasca pelaksanaan WSBK nanti, Mandalika tentu menjadi sorotan dunia. Ia optimistis angka kunjungan wisatawan ke NTB akan meningkat tajam setelah itu, terutama ke kawasan The Mandalika.

“Mandalika akan menjadi destinasi dimana tamu yang datang bukan hanya domestik tetapi dari mancanegara,” katanya.

Masyarakat NTB tak boleh hanya jadi penonton semata katanya. Menurutnya, Pemda harus memberikan insentif untuk masyarakat, berupa kebijakan yang mempermudah akses usaha, bantuan modal usaha, dan pelatihan peningkatan kapasitas bagi para pelaku industri pariwisata dan masyarakat di kawasan penyangga Mandalika.

Bang Karman berharap, agar kunjungan Presiden Jokowi ke Mandalika 12 November 2021, bisa dimaknai masyakat NTB sebagi momentum kebangkitan ekonomi dan pariwisata daerah ini.

“Masyarakat NTB menggelar karpet merah dan antusias menyambut Presiden Jokowi di Mandalika,” kata pria yang juga relawan Jokowi 2019 lalu.(rif/rls)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *