Kirim Seribu Sapi NTB ke Jabar

F Sapi 1

KHOTIM/RADAR MANDALIKA BANTUAN: Seorang warga di Kecamatan Pujut hendak memberikan makan sapi bantuan program kementerian.

MATARAM – Kabar baik. Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) akan kirim seribu ekor sapi ke Jawa Barat (Jabar). Langkah ini sebagai bentuk kerjasama Pemerintah Daerah NTB bersama Pemda Jabar yang telah diteken beberapa waktu lalu.

“Seribu sapi dikirm ke Jawa Barat. Jadi membina hubungan dengan Jawa Barat salah satunya suplai daging sapi,” terang Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, Chairul Hadi di Mataram, kemarin.

Kerjasama kirim sapi ini akan dilakukan B to B, antara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Gerbang NTB Emas (GNE) dengan BUMD Agro Jabar.

Cahirul menjelaskan, NTB dikenal daerah penopanga sapi untuk kebutuhan nasional. Bahkan sempat terjadi kekurangan daging secara nasioanl sekitar 400.000 ton atau 1,3 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan di Jawa. Sehingga NTB hadir sebagai yang mencukupi penyuplai tersebut. Hitungan Dinas Peternakan dan Keswan sendiri NTB bisa menyuplai sapi ke luar daerah hingga 15 ribu ekor setiap tahun. Hitungan suplai demand itu dilihat dari jumlah kelahiran, pemotoang dan jumlah kematian.

“Kita bisa mengelurkan satu tahun sampai  15 ribu ekor,” yakinnya.

“Kalau sapi bibit hitungan kita suplai demannya 10 ribu itu yang bisa keluar,” tambahnya.

Dari hitungannya dari 15 ekor untuk sapi potong itu, jika ditambah dengan Jabar seribu ekor, maka NTB menyuplai sapi diangka 4000 an ekor lebih. Di setiap Idul Adha sebanyak dua ribu ekor sapi yang disokong untuk daerah DKI Jakarta. Kemudian provinsi lain seperti ke Kalimantan maupun ke Provinsi Sulawesi.

“Konsumi ideal di daerah hanya 2400 ton. Jadi masih banyak stok kita,” katanya.

Kerjasama NTB dengan Jawa Barat itu, dilihatnya bisa dimulai di tahun ini. “Insya Allah sudah bisa di tahun ini,” ucapnya.

Bagaimana persiapan menghadapi MotoGp? Cahirul menjelaskan, NTB selalu siap meksi prediksi tamu mancanegara mencapai 300 ribu lebih. Saat ini sesuai araha guberur pihaknya terus mendorong untuk Swasembada daging dan telur.

“Kita sudah canangkan semua untuk peternak unggas, dua tahin ini hampir satu juta. kemudain banyak juga tumbuh peternak swasta mudahan bisa bersaiang dengan Jawa dan Bali,” katanya. (jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Gerak Cepat Polres Lotim Pasca Kapolri Baru Dilantik

Read Next

Berkedok Beasiswa PIP, Wali Murid MIN 1 Loteng Kena Tipu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *