LOBAR—Pengembangan jalur Pelabuhan Gili Mas menuju lingkar Selatan Mandalika akan menjadi prioritas pembangunan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Hal itu dipastikan oleh Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S Atmawidjaja selepas mendampingi Presiden RI Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Peresmian Impres Jalan Daerah (IJD) di Lembar, Kamis (2/5).

Menurutnya jalan Gilimas-Lingkar Selatan Mandalika salah satu ruas jalan di NTB yang menjadi prioritas Kementerian.

“Termasuk yang kita prioritaskan, dan akan bertahap. Intinya satu pulau Lombok ini akan menjadi satu kesatuan transportrasi. Tapi sekali lagi itu bertahap nanti kita evaluasi,” terang Endra.

Hanya saja saat disinggung kepastian kapan pengerjaan jalan itu akan dilakukan, Juru Bicara Kementerian PUPR itu belum bisa memastikan. Lantaran pihaknya masih melihat ketersediaan anggaran.

“Tergantung ketersediaan anggaran dan sebagainya,” ujar pria bekacamata itu.

Ia tak membatah keindahan alam Lombok termasuk Sekotong sangat potensi dalam kemajuan pariwisata. Terlebih Sekotong termasuk daerah penyanggah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.
Hal ini yang menjadi prioritas pihak Kementerian dalam peningkatan jalur aksesnya.

“Bukan hanya dari bagian barat tapi di bagian Selatan ada Mandalika, timur ke utara ada kayangan sampai sembalun Rinjani. Terus dari utara ke sembalu, itu semua kita rangkai termasuk di pulau Sumbawa,” jelas.

Menurutnya nantinya pihaknya akan mengevaluasi untuk prioritas pembangunan jalur akases menuju Mandalikan itu. Namun saat ini pihaknya mendahulukan pembangunan jalur Lembar menuju pelabuhan Gili Mas. Lantaran dinilai vital untuk mendungkung pengiriman logistik dan event internasional seperti MotoGP.

“Karena kalau ada event di Mandalika pasti masuknya lewat sini juga (pelabuhan gili mas), jadi saya kira dengan 7 kilometer lebih dari Gili mas sampai simpang tiga lembar ini (Segenter) sangat penting ruasnya. Itu yang kita prioritaskan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR, H Lalu Winengan merencanakan mengusulkan jalur Lingkar Selatan Mandalika itu. Bahkan pihaknya akan meminta titik nol jalur itu dimulai dari simpang tiga Sekotong tengah menuju Dusun Sepi Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong.

“Kita minta nanti dialihkan, bukan dari Pelabuhan Gili Mas tapi dari Pertigaan Sekotong Tengah,” ujar Winengan.

Menurutnya dengan dipindahkanya titik nol ruas jalan itu akan lebih memperpendek jalur menuju Mandalika. Setidaknya jalan yang akan dibangun hanya mencapai sekitar 9 kilometer.

“Kalau dia naik ke atas (mekaki) terlalu panjang, jadi lewat situ lebih pendek,” terangnya.

Selain peningkatan jalan, Winengan juga memastikan jalan itu akan lebar. Bahkan anggaran yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

“Satu jalur aja, tapi di perbesar,” pungkasnya. (win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 224

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *