Hasyim Klarifikasi Soal Capaian Vaksinasi di Loteng

F H Hasyim

KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID H. Hasyim

PRAYA – Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H. Hasyim mengklarifikasi statement awalnya di media soal capaian vaksinasi. Dia menerangkan, soal capaian vaksinasi 70 persen muncul karena berbedanya data hitungan dilakukan Dikes atau cara hitung.
“Yang sudah divaksin di Loteng 604. 042 orang, ini yang dilayani oleh fasilitas kesehatan yang ditunjuk melaksanakan vaksinasi. Misalnya, di Puskesmas, RSI Yatofa, RSUD Praya, dan pusat layanan kesehatan yang telah ditunjuk pemkab,” terangnya kepada media, Rabu kemarin.

Saat ini, pihaknya belum mendapatkan data jumlah vaksinasi diluar yang melaksanakan faskes di luar Loteng dan juga singkronisasi data vaksinasi TNI-Polri. Katanya, TNI/polri menggunakan aplikasi V-Care yang dikendalikan langsung oleh internal mereka.
“Banyak yang divaksin di luar daerah Loteng yang belum masuk datanya, baik yang kuliah, kerja maupun di luar negeri. Nah, kalau ini masuk datanya maka akan lebih daripada 70 persen,” bebernya.

Sementara, adapun target 767.700 orang ini merupakan representasi dari jumlah penduduk Lombok Tengah sekitar 1,1 juta jiwa. Dimana ini harus divalidkan dengan data real penduduk saat ini, baik yang tidak ada di tempat, meninggal dunia, di luar daerah, maupun di luar negeri.
“Data kami yang murni faskes Loteng mengalami penurunan falidasi data yakni dari 767.700 orang, kemudian menjadi 537.390 yang kemudian di sandingkan dengan hasil vaksinasi saat ini yakni 604.042. Sehingga capaian Loteng sudah lebih daripada target,” tegasnya.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Poltekpar Lombok Latih Pengelola Homestay

Read Next

SPN Loteng Minta Pemerintah Perhatikan Guru Honorer

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *