KLU-Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten telah selesai dilaksanakan oleh KPUD Lombok Utara, Senin (4/3).

Pleno yang berlangsung di Hotel Medana Bay Marina tersebut telah menetapkan perolehan suara partai politik (parpol) dan perolehan suara masing-masing calon legislatif (Caleg) di Pemilu yang digelar 14 Februari lalu.

Tercatat untuk Pileg DPRD Lombok Utara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi. PKB bisa dipastikan akan menggeser posisi Partai Gerindra sebagai Ketua DPRD Lombok Utara periode 2024-2029 mendatang.

Total keseluruhan suara PKB yakni sebanyak 28.103 dari lima daerah pemilihan (Dapil) dan mendapatkan enam kursi. Rinciannya, perolehan suara parpol dan caleg di dapil I Tanjung PKB meraih  9.241 suara dan mendapat 2 kursi. Di Dapil II Gangga PKB meraih 6.076 suara dan mendapat 1 kursi. Dapil III Kayangan PKB meraih 3.740 suara dan mendapat 1 kursi. Dapil IV Bayan PKB meraih 5.792 suara dengan mendapat 1 kursi. Sedamngkan di dapil V Pemenang PKB meraih 3.074 suara dengan mendapat 1 kursi.

Sementara perolehan suara terbanyak kedua diraih Partai Gerindra yakni 19.232 suara dengan mengoleksi 5 kursi dan dipastikan menduduki kursi Wakil Ketua I DPRD Lombok Utara. Di Dapil I, total suara partai dan caleg Gerindra meraih 3.666 suara. Dapil II Gerindra meraih 4.416 suara. Dapil III Gerindra meraih 2.722 suara. Dapil IV Gerindra meraih 5.830 suara, dan di Dapil V Gerindra meraih 2.598 suara.

Untuk posisi perolehan suara terbanyak ketiga diraih oleh PDIP yakni 14.933 suara dengan mendapat 3 kursi dan akan menduduki kursi Wakil Ketua II DPRD Lombok Utara. Rinciannya perolehan suara di dapil I, PDIP meraih 3.739 suara. Dapil II PDIP meraih 2.523 suara. Dapil III PDIP meraih 1.925 suara. Dapil IV PDIP meraih 4.870 suara,  dan di Dapil V PDI-P memperoleh 1.876 suara.

Untuk posisi perolehan suara terbanyak keempat diraih Partai Demokrat dengan perolehan suara parpol dan caleg sebesar 14.896 suara. Demokrat pun dipastikan mengoleksi 3 kursi.
Ketua KPUD Lombok Utara, Nizamudin menyampaikan proses pleno rekapitulasi perhitungan suara telah dimulai sejak tanggal 3-4 Maret. Proses rekapitulasi dimulai dari Dapil 1 Tanjung dan terakhir dapil V Pemenang.

Nizam menerangkan, dalam proses pleno berlangsung, pihaknya mendapat intrupsi dari sejumlah saksi yang hadir, salah satunya saksi mempertanyakan soal salinan C Hasil yang tidak disampaikan dalam pleno. Nizam menyebut  salinan C Hasil sudah dibahas ditingkat kecamatan sehingga untuk pleno tingkat kabupaten KPUD hanya menyampaikan D Hasil perolehan suara pleno tingkat kecamatan.

“Pleno kabupaten sudah selesai dan berjalan aman dan lancer. Sekarang kita sedang persiapan klinis untuk rapat pleno tingkat provinsi yang dimulai persiapannya pada tanggal 5 Maret di Hotel Lombok Garden,” ujarnya.(dhe)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 390

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *