HARUM Terima Apapun Hasilnya

f HARUM ok

IST/RADAR MANDALIKA COBLOS: Calon Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana beserta istri dan seorang putrinya menyalurkan hak pilih di TPS 06, Kelurahan Mataram Timur.

MATARAM-Calon Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana beserta istri dan seorang putrinya menyalurkan hak pilih di TPS 06, Kelurahan Mataram Timur. Sekitar pukul 09.00 Wita, calon Wali Kota yang berpasangan dengan TGH Mujiburrahman atau paket HARUM itu datang ke TPS dan tak menunggu lama bisa langsung masuk bilik suara untuk mencoblos.
Ditemui usai mencoblos, Mohan berharap proses pemungutan suara berjalan lancar, tertib dan partisipasi pemilih tinggi. Sehingga menghasilkan pemimpin terpilih yang mendapat legitimasi kuat dari masyarakat. Ia pun memastikan, pascapencoblosan ini semua pasangan calon termasuk paket HARUM akan menerima apapun hasilnya sebagai hasil demokrasi yang sudah dilaksanakan. “Komitmen politik, tidak hanya saya, tapi semua paslon punya komitmen moral, komitmen politik apapun hasilnya harus diterima dan disepakati sebagai sebuah hasil dari demokrasi yang sudah dilaksanakan,” jelasnya.
Menurutnya, inilah esensi demokrasi. Harus ada yang kalah dan menang, sebagai bagian edukasi politik bagi warga. “Tidak usah euforia berlebihan bagi yang menang. Dan yang kalah tidak perlu larut di dalam kekecewaan yang mendalam,” pesannya.
Terhadap proses pencoblosan di TPS, menurut Mohan, sudah terlaksana dengan baik dan menerapkan protocol kesehatan. Petugas di TPS dinilainya sudah cukup cermat dan detail dalam melaksanakan tugasnya. “Mereka juga sudah biasa laksanakan ini,” sebutnya.
Sementara itu, calon Wali Kota Mataram H Baihaqi mencoblos di TPS 07, Lingkungan Perigi, Kelurahan Dasan Agung. Calon wali kota nomor urut 4 yang berpasangan dengan Hj Baiq Dyah Ganefi atau paket BARU ini datang menyalurkan hak pilih bersama sang istri.
Kepada wartawan Baihaqi mengaku optimis meraih kemenangan di Pilkada Kota Mataram tahun ini. “Optimis itu harus dan wajib. Kami optimis pasangan BARU bisa berbicara banyak di Pemilu ini, dan ada izin Allah bisa memenangkan kontestasi ini,” ujarnya.
Ia juga berharap proses Pilkada berjalan baik dan lancar sesuai harapan. Serta tentunya terlaksana dengan jujur dan adil. Terhadap apapun hasil Pilkada, ia memastikan, paket BARU dari awal juga sudah berkomitmen akan menerima, karena itulah yang terbaik. Secara pribadi, Baihaqi merasa sudah menang di Pilkada ini. “Jadi secara pribadi saya ini sudah menang sebagai calon. Tinggal masyarakat mau tidak ikut memanangkan utk perubahan Kota Mataram. Kalaupun di tanggal 9 Desember ini BARU menang, tentu itu kemenangan masyarakat Kota Mataram,” ujarnya.
Diketahui, di TPS 07 terdapat dua peserta Pilkada yang menyalurkan hak pilihnya. Selain Baihaqi, calon wakil wali kota Mataram Badruttamam Ahda juga mencoblos di TPS 07. Menanggapi hal itu, Baihaqi menyebut jika wilayah tempatnya mencoblos adalah memang tempat tinggalnya. “Di sini rumah saya. Saya lahir, besar di sini. Dan balik ke sini untuk mencoblos.ny Sambil sekalian ketemu keluarga besar. Tidak ada maksud lain kenapa tempat pencoblosan saya di sini. Dari dulu juga saya selalu nyoblos di sini,” terangnya.
Soal menang atau kalah di TPS sendiri, Baihaqi juga tidak ambil pusing. Ia mengembalikan semua pilihan ke masyarakat. Menurutnya, sampai sejauh ini masyarakat sudah bisa menentukan pilihan yang terbaik. “Kita tidak usah berandai-andai. Nanti lihat saja hasilnya seperti apa. Saya yakin masyarakat di sini sudah cerdas, sudah bisa menentukan sikap dan pilihan mana calon terbaik yang mereka pilih.
Ia pun mengajak masyarakat untuk mengawal proses pemungutan suara dengan tetap menjaga kondusifitas. “Mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan baik sehingga pilkada ini bisa menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk Kota Mataram,” ucapnya.
Sementara dari hasil penghitungan suara di TPS 06 Kelurahan Mataram Timur, paket HARUM dengan nomor urut 1 unggul dengan perolehan 206 suara. Paket Selly-Manan (SALAM) mendapat 43 suara, paket Makmur-Ahda (MUDA) 17 suara, dan paket Baihaqi-Dyah Ganefi (BARU) 12 suara.
Jika HARUM unggul di TPS Mohan, Baihaqi juga unggul di TPS 07, Lingkungan Perigi, Kelurahan Dasan Agung atau TPS tempatnya mencoblos. Baihaqi atau paket BARU mendapat 208 suara. Disusul paket HARUM dan MUDA yang sama-sama mendapat 98 suara. Serta paket SALAMAN mendapat 10 suara. (rin)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Selly Kalah di TPS Sendiri

Read Next

Dewan Harap Pusat Berikan Kebijakan Penuh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *