IST/RADAR MANDALIKA BALAPAN: Penyelenggaraan balapan MXGP di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa pada Juni 2022.

PRAYA – Dua seri balapan Motocross Grand Prix (MXGP) tahun 2023 dipastikan digelar di Provinsi NTB. Masing-masing di Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok. Satu slot MXGP akan digelar di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa dan satu slot lagi di eks Bandara Selaparang, Kota Mataram.

 

Infront telah mengeluarkan jadwal resmi penyelenggaraan MXGP di NTB. Pada jadwal resmi yang dikeluarkan Infront ini, event MXGP di Pulau Sumbawa digelar tanggal 25 Juni dan 2 Juli di Pulau Lombok. Sirkuit Samota sendiri telah digunakan saat balapan MXGP perdana di NTB pada bulan Juni 2022.

 

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB, H Lalu Herman Mahaputra menerangkan, ada dua lokasi untuk penyelenggaraan MXGP di NTB pada tahun 2023 mendatang.

“Jam 2 ini (kemarin siang) saya mau rapat sama pak gubernur juga terkait dengan WSBK,” bebernya Radar Mandalika, Senin (7/11) kemarin.

 

Dia menjelaskan, sementara izin penyelenggaraan MXGP tahun depan sudah keluar di dua lokasi. Dibeberkan, MXGP di Sirkuit Samota digelar tanggal 25 Juni dan di eks Bandara Selaparang dijadwalkan tanggal 2 Juli. “Kalau dari Angkasa Pura sudah oke. Wali Kota Mataram (H Mohan Roliskana, Red) mendukung. Tinggal teknisnya,” ungkap Jack, sapaan akrabnya.

 

Di Pulau Lombok, eks Bandara Selaparang dipilih sebagai lokasi balapan internasional tersebut. Karena lokasinya cukup strategis, yakni berada di tengah Kota Mataram. Sarana dan prasarana sangat mendukung.

 

“Di Sirkuit Lantan (Lombok Tengah) ada Kejurda (Kejuaraan Daerah) dan nanti kemungkinan juga ada Kejurnas (Kejuaraan Nasional) motocross,” kata Jack.

 

“Kita mau buat juga Road Race event gubernur cup (pada bulan) Desember di Sirkuir Mandalika,” tambahnya.

 

 

Sementara itu, Sekda Lombok Tengah L. Firman Wijaya berharap event MXGP diselenggarakan di Sirkuit Lantan. Terlebih infrastruktur akses jalan menuju ke lokasi sirkuit tersebut sudah mantap, dan pengerjaan jembatan Lantan akan tuntas dalam waktu dekat.

 

“Mengenai MXGP, informasi lebih detail di IMI provinsi,” katanya lewat pesan WA, kemarin.

 

Dalam kesempatan yang berbeda, Firman mengatakan gelaran MXGP akan diselenggarakan pada tahun 2023. Lokasinya ada di Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok. “Mengenai lokasi di Lombok, sepanjang yang saya ketahui belum difinalkan,” kata pria yang juga Ketua IMI Lombok Tengah itu, Rabu (2/11) lalu.(zak)

 

 

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 762

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *