Empat Desa di Lobar Terima Penghargaan Kemenparekraf

  • Bagikan
F PARIWISATA.A
IST/RADAR MANDALIKA RAIH PENGHARGAAN: Desa Wisata Senggigi Kecamatan Batulayar yang menerima penghargaan Kemenparekraf, Senin (10/1) lalu.

 

 

LOBAR–Empat desa di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menerima penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Desa tersebut adalah Desa Wisata Mekarsari, Sekotong Tengah, Senggigi, dan Desa Wisata Banyumulek.

Penghargaan dari Kementerian Pariwisata diserahkan Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, Ahlul Wakti di Kantor Dispar NTB, Senin (10/1) lalu. Penghargaan itu dirasa akan menjadi penyemangat desa wisata lain untuk lebih kreatif dan inovatif. “Bagaimana kita menyambut dan menyiapkan event MotoGP,” ujar Ahlul Wakti saat menyerahkan piagam penghargaan.

Penghargaan ini lanjut Ahlul Wakti, menjadi bentuk apresiasi Kemenparekraf atas kreatifitas desa wisata yang telah berpartisipasi dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Ini juga menjadikan desa-desa tersebut sebagai Desa Binaan Kemenparekraf RI.

Kepala Desa Senggigi, Mastur usai kegiatan tidak lupa mengucapkan rasa syukurnya. Kedepan pihaknya akan lebih memaksimalkam potensi yang ada untuk perkembangan desanya. “Mudah-mudahan kedepannya kita bisa meningkatkan kinerja maupun atraksi-atraksi yang ada khususnya di Desa Senggigi,” ujarnya seraya menyampaikan terimakasih kepada Kepala Dispar Lobar atas bimbingannya selama ini.

Sementara itu Kepala Bidang SDM Pariwisata Dispar Lobar, Erwin Rachman mengaku bangga dengan capaian yang sudah diraih. Meskipun belum maksimal, Erwin berkeyakinan dengan pendampingan yang terus dilakukan akan lebih memacu semangat desa untuk terus berkembang. Terlebih sebelumnya Menteri Sandiaga Uno telah berkunjung dan melihat langsung potensi wisata di Lombok Barat, sehingga menambah keyakinan bahwa Lombok Barat sudah berada di jalur yang benar menuju daerah destinasi wisata nasional, bahkan internasional. “Terimakasih kepada Kementerian Pariwisata RI atas pemberian penghargaan pendampingan kepada empat desa yang sudah mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Sekalipun belum mendapatkan juara di tahun ini, pendampingan ini harapannya juga bisa memacu semangat desa-desa yang lain, khususnya desa wisata yang ada di Kabupaten Lombok Barat,” harapnya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 merupakan program terbaru Kemenparekraf RI untuk memberikan penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan beragam kriteria yang telah ditentukan. (win)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *