JAKARTA – Sebagaimana diketahui, Direktorat Jenderal Imigrasi sebagai perisai negeri memegang peran penting dalam mengamankan kedaulatan negara khususnya dalam mengelola lalu lintas orang di perbatasan. Oleh sebab itu Direktorat Jenderal Imigrasi mengupayakan optimalisasi Border Control Management dengan menghadirkan ICA Singapore, Imigresen Malaysia, Kedutaan Besar Australia dan narasumber penting lainnya.

Masih dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-74, giat hari kedua yang diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton Jakarta (29/01) ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Imigrasi beserta jajaran, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham, Kepala Divisi Keimigrasian serta seluruh kepala satuan kerja keimigrasian se-Indonesia.

Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan yang juga hadir langsung memberikan apresiasi atas sharing knowledge dari perwakilan negara sahabat.

“Sesuai arahan Menkumham Yasonna H. Laoly bahwa penerapan teknologi Integrated Border Control Management (IBCM) merupakan upaya untuk mengatasi ancaman lintas negara. Indonesia saat ini juga sedang berkolaborasi dalam penerapan sistem tersebut. Tujuannya tidak lain adalah memberikan percepatan pelayanan, sekaligus menyelesaikan persoalan pelintas batas berujung pada isu tindak pidana lintas negara,” pungkas Parlindungan.

Immigration and Checkpoints Authority (ICA) Singapore melalui komisionernya menyampaikan bahwa pentingnya transformasi dalam proses clearance lalu lintas keluar dan masuknya orang asing, dalam rangka mempercepat pelayanan sekaligus mengurangi resiko pelanggaran keimigrasian. Di Singapura sendiri sudah menerapkan sistem Autogate, Singapore Arrival Card, Electronic Visit Pass dan lain-lain.

Dalam giat ini juga, Lauren Richardson selaku Direktur Regional Henley & Partners Asia Tenggara juga menyampaikan bahwa meningkatnya pergerakan dari dan keluar negeri tentu juga meningkatkan resiko keamanan nasional. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antar negara untuk saling mengamankan dan saling support antara satu dengan yang lainnya. (*)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 156

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *