Dikbud Setengah Hati untuk Difabel

WhatsApp Image 2020 02 27 at 19.59.42

DOK/RADARMANDALIKA.ID KEBUTUHAN KHUSUS: Seorang anak berkebutuhan khusus duduk di kursi roda.

MATARAM-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB (Dikbud), dinilai setengah hati dalam memperhatikan pendidikan kaum difabel. Pasalnya, sejumlah fasilitas untuk kaum difabel masih terbilang belum memadai.

Pemerhati Pendidikan NTB, Agus Dedi Putrawan menilai Dikbud NTB masih belum sepenuhnya memperhatikan orang-orang dengan kebutuhan khusus ini. “Dari awal saja kita lihat dari visi dan misi pimpinan. Jika sekali dua disorot kamera ya itu tidak merepresentasikan perhatian pemerintah,” tegas Agus.

Buka hanya sektor pendidikan, Agus juga melirik fasilitas umum yang dapat mengakomodir para penyandang berkebutuhan khusus.

“Liat saja fasilitas umum yang disiapkan pemerintah untuk teman-teman berkebutuhan khusus ini,” tegasnya.

Sementara, Dewan Pendidikan NTB, H Rumindah menambahkan, setiap warga negera memiliki hak sama  yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu. Serta tidak membedakan mana yang tergolong siswa norma atau siswa yang tergolong berkebutuhan khusus.

“Jangan diperdebatkan mana yang normal sama yang gak. Ada namanya politik anggaran dan politik regulasi yang mengatur,” kata Rumindah.

Dia menegaskan, para stakeholder harus berbuat. Sebab, pemerintah pusat sudah membuat aturan dan pemerintah daerah sudah membuat perda. “Aturan yang harus diwujudkan dalam aksi,” sarannya.

Menurutnya, secara infrastruktur sudah memadai. Menjadi kesulitannya tenaga profesional dibidangnya. Betapa tidak, siswa yang memiliki kebutuhan khusus tidak dapat disamakan dengan anak-anak reguler, seperti di dalam kelas 30 sampai 35 orang. Sebab tenaga pendidik pada sekolah disabilitas ini didik oleh orang-orang yang khusus dan mumpuni dalam bidangnya.

“Sarana lengkap, lingkungan mendukung akan menghasilkan output yang bermutu,” harapnya. (ton)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Nasdem Tak Ingin Gegabah

Read Next

Sabtu, Produk Honda Terbaru akan Dilaunching di LEM Mataram

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *