SEMATKAN : Kapolres Lotim sematkan ban lengan pada siswa dalam apel launching Polisi RW di lapangan Mapolres Lotim, kemarin. (IST / RADAR MANLIKA)

LOTIM – Kapolres Lotim, AKBP Hery Indra Cahyono, bersama Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, dan Dandim 1615 melaunching Polisi Rukun Warga (RW). Hal itu dilakukan untuk mendekatkan pelayanan di tengah-tengah masyarakat wilayah hukum Polres Lombok Timur (Lotim).

Semua personel, termasuk di dalamnya yakni penyidik dan Pejabat Umum (PJU) dan intel, diplot di masing-masing RW.

Kapolres Lotim, AKBP Hery Indra Cahyono mengatakan, polisi RW ini selain diharapkan dekat dengan masyarakat. Selama menjadi Polisi RW, tentunya tugas dan tanggung jawab mereka, ialah menyelesaikan permasalahan Kamtibmas yang bisa menimbulkan konflik.

Disebutkan, polisi RW adalah tindak lanjut dari program Mabes Polri. Sekaligus untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Polisi RW tetap menginduk pada Babinkamtibmas. “Tugas mereka adalah membantu tugas Kamtibmas, untuk menyelesaikan permasalahan dan mencari solusi, baik permasalahan secara geografi dan sosial untuk mencegah kejahatan atau konflik,” terangnya.

“Tentu program ini tidak akan berhasil, tanpa adanya kerjasama dari masyarakat, pemerintah maupun ormas-ormas yang lain,” tegasnya.

Sebanyak 563 personel Polisi RW yang disebar di sembilan kecamatan pada 150 desa atau kelurahan yang ada di Lombok Timur. “Alhamdulillah Polisi RW telah mulai bekerja di wilayah itu,” pungkasnya. (fa’i/r3)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 347

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *