Bentuk RPTC dan TRCST

F Kabid 4

Saefuddin Zuhri

LOTIM- Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur terus berupaya menempuh berbagai alternatif untuk menangani masalah sosial yang ada.

Upaya tersebut berupa pembentukan lembaga- lembaga penunjang kinerja dinsos, sehingga lebih mudah dan cepat diakses dan memberikan layanan kepada masyarakat.

Rumah perlindungan trauma center (RPTC) dihajatkan untuk membantu masyarakat miskin dan terlantar, lembaga ini juga kedepannya dihajatkan untuk penampungan sementara bagi orang gila ataupun kealainan jiwa. “Orang yang tidak terurus di kampungnya, orang gila dan orang pemulung ditemukan berlalu lalang di perkotaan bisa ditampung sementara di RPTC ini,” tegas Kabit pemberdayaan sosial dan Pelayanan Fakir Miskin, Saefuddin Zuhri, Kamis (08/10).

Lembaga lain yang juga turut akan dibentuk oleh pihaknya yaitu, Tim Reaksi Cepat Sosial Terpadu (TRCST) yang merupakan sebuah lembaga yang bertujuan untuk memberikan penanganan secara cepat kepada masyarakat, seperti kondisi rumah masyarakat yang tidak layak huni atau hampir roboh.

“Permasalahan seperti ini akan langsung ditangani oleh tim reaksi cepat,” jelasnya.

Lembaga tim reaksi cepat tambahnya, terdiri dari TKSK, camat dan bagian kesra sehingga akan memberikan kemudahan dan ketepatan sasaran program.

Kedua lembaga tersebut saat ini masih dalam proses pembentukan kelembagaan dan untuk RPTC di rencanakan akan diresmikan tahun ini oleh Bupati Lombok Timur. Dinsos juga sebelumnya pernah membentuk lembaga Unit Pelayanan terpadu penanggulangan kemiskinan (UPTPK), yang tujuannya untuk menyelesaikan masalah kemiskinan di Lombok Timur.

UPTPK dalam melaksanakan tugasnya menghimpun imformasi dari masyarakat dan hasilnya akan dikomunikasikan ke OPD terkait untuk mendapat penyelesaian yang terbaik. Pihaknya juga menjelaskan UPTPK setidaknya sudah memberikan layanan kepada 8.010 rumah tangga dengan berbagai keperluan, seperti permintaan KIP, KIS, dan masalah sosial lainnya.

“UPTPK yang akan mengkoordinasikan ke OPD terkait,” janjinya.

Dia berharap dengan adanya lembaga- lembaga ini, kedepannya persoalan- persoalan yang ada di masyarakat dapat terselesaikan dengan baik, terutama masalah kemiskinan dan masalah lainnya.(cr-ndi)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Bersurat ke Jokowi

Read Next

Program Meterisasi PJU Terkendala Anggaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *