SELAMAT: Dirut PDAM TIARA Loteng, Bambang Supratomo (paling kanan) saat menerima Penghargaan TOP CEO BUMD 2023 pada acara puncak penganugerahan Top BUMD Awards 2023 di Hotel Raffles Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023). (IST/RADARMANDALIKA.ID)

JAKARTA – Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Ardhia Rinjani atau PDAM TIARA Kabupaten Lombok Tengah, Bambang Supratomo, menerima penghargaan pada acara puncak penganugerahan Top BUMD Awards 2023 sebagai Top CEO BUMD 2023.

Penghargaan yang diserahkan di Hotel Raffles Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023), juga memberi penghargaan kepada Perumda Air Minum Tirta Ardhia Rinjani atau PDAM TIARA Lombok Tengah sebagai Top BUMD 2023 Bintang 4, dan Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri sebagai Top Pembina BUMD 2023.

Penghargaan Top BUMD Awards 2023 diberikan kepada PDAM TIARA sebagai pembuktian atas capaian kinerja yang telah dilakukan, dan inovasi guna meningkatkan layanan kepada pelanggan, serta dibarengi dengan prestasi di bidang human capital.

Acara tersebut berlangsung meriah. Sebab dihadiri sekitar 800 orang, salah satunya petinggi BUMD ini pada gilirannya lebih mematangkan kinerja sumber daya manusia (SDM) PDAM TIARA dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan integritas guna mencapai visi dan misi.

Manajemen mengucapkan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah, Kepada Bidang dan Cabang serta Karyawan-Karyawati PDAM Lombok Tengah. Dan, berharap penghargaan ini menjadi motivasi untuk lebih memacu diri untuk mencapai perbaikan-perbaikan di kemudian hari.

“Atas nama manajemen, saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi ini,” kata Direktur Utama PDAM Tirtha Adhia Rinjani Lombok Tengah, Bambang Supratomo.

Bambang sapaan akrabnya menambahkan, BUMD AWARD ini tidak sekedar kompetisi namun lebih ke ajang pembinaan untuk BUMD.

“BUMD AWARD ini tidak sekedar penghargaan saja namun melalui proses yang panjang termasuk persentasi di hadapan dewan juri dan kami banyak mendapatkan masukan dari dewan juri untuk terus melakukan inovasi dan improvmen pada manajemen Perumda Tiara Lombok Tengah sehingga mampu bertahan di situasi ekonomi yang tidak menentu ini,” ungkapnya.

Capaian yang didapatkan saat ini merupakan pencapaian bersama keluarga besar Perumdam Tiara Lombok Tengah. “Syukur tentunya penghargaan Bintang 4 (Predikat Baik, red) artinya selangkah lagi Perumda Tiara mampu menjadi yang terbaik, ini merupakan capaian bersama dari soliditas antara Bupati selaku KPM yang selalu memberikan pembinaan, kepada Direksi dan Kepala Bidang serta kepala Cabang yang selalu kompak di lapangan, demi pelayanan lebih baik,” ucapnya.

Bambang yang juga sebagai Wakil Ketua PD Perpamsi NTB ini berharap agar dengan penghargaan tersebut akan menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“Penghargaan yang didapatkan Ini tentu saja saat ini masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki terutama aspek teknis yang membutuhkan investasi yang besar untuk melakukan optimalisasi sistem produksi distribusi sehingga keluhan akan air yang macet bisa selesai. Bagi pelanggan yang merasa pelayanan kami belum maksimal mohon kerjasamanya untuk melaporkan melalui sistem Call Center yang telah kami buat sehingga pengaduannya terpantau sampai selesai,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2023, M. Lutfi Handayani mengatakan, bahwa tema yang diangkat tahun 2023 ini adalah “Inovasi dalam membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD”.

Inovasi sangat penting bagi BUMD. Sebab, jika inovasi ditularkan, tentu mendorong BUMD lain untuk terus tumbuh. BUMD adalah aset milik Pemda Dan bila semua terus inovatif-maju, tentu BUMD bukanlah sekadar aset daerah.

“Tetapi juga menjadi aset bangsa Indonesia. Sebab mereka mendukung pembangunan merata untuk Indonesia yang maju. Dengan demikian, permasalahan seperti kemiskinan dan lain-lain, lebih mudah diselesaikan karena peranan BUMD,” paparnya.

Kegiatan TOP BUMD Awards, diselenggarakan untuk mendukung pelaksanaan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang di dalamnya mengatur mengenai maksud dan tujuan didirikannya BUMD, dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 54 Tahun 2017 tentang BUMD, yang di dalamnya mengatur tentang tata cara pengelolaan BUMD.

Sementara itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah – Kementerian Dalam Negeri, Dr. Drs. Agus Fatoni menegaskan tentang pentingnya BUMD yang melayani publik. Hal yang perlu dilakukan adalah Pertama, mengembangkan aktivitas bisnis untuk meningkatkan pendapatan dan memperkuat sektor riil. Kedua, meningkatkan dan fokus pada produk-produk unggulan BUMD  yang menjadi kekuatan daerah.

Ketiga, mendorong perekonomian daerah agar mempermudah akses usaha seluas-luasnya terutama pada  pelaku usaha UMKM, Ultra Mikro dan usaha kecil lainnya.

Kemudian yang keempat, BUMD perlu memiliki produk unggulan yang dikenal dan dipergunakan luas oleh  masyarakat. Kelima, memperluas jaringan distribusi, dan terakhir yang keenam, memaksimalkan peran BUMD sebagai saluran pelayanan publik dan penggerak perekonomian di daerah serta penyumbang PAD.(tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 424
2 thoughts on “Bambang, Dirut PDAM TIARA Lombok Tengah Terima Penghargaan TOP CEO BUMD 2023”
  1. Dirutnya Terima penghargaan Bukti di lapangan Kami di kopang sudah satu bulan Tidak ada Air PDAM datang , Tolong Solusinya secepat mungkin masa kami hanya bayar angin 😠😠😠

  2. Kami di Dusun Lingkung Bore Desa Berinding
    Sudah satu bulan Lebih Tidak Pernah merasakan Air PDAM Mohon kejelasannya Jagan Hanya piala di Berikan ke Dirutnya namun Pakta di Lapangan Tidak sesuai , Alasanya Juga tidak jelas 😠😠

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *