Azhar Dilengserkan, Sahim Naik Tahta

f musdalub

BUYUNG/RADAR MANDALIKA SAMBUTAN: Terlihat Ketua Panitia, Widianto tengah memberikan sambutan di acara Musdalub FKD Loteng di Kopang, kemarin.

PRAYA – Forum Kepala Desa (FKD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menggelar musyawarah daerah luar biasa (Musdalub) di Waterpark Long Tun, di Desa Kopang Rembiga, Kecamatan Kopang, kemarin.

Ketua Panitia, Kades Kopang Rembiga, Widianto mengatakan, FKD Loteng telah sepakat untuk mengganti pengurus FKD Loteng di bawah kepemimpinan Kades Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Azhar. Keputusan tersebut diambil berdasarkan kesepakatan yang tertuang dalam forum musyawarah FKD Loteng beberapa waktu lalu dan dilandaskan anggaran dasar di pasal 4 ayat 1.

“Keputusan ini sudah disepakati oleh ketua dan perwakilan pengurus masing-masing FKD kecamatan yang tertuang dalam tanda tangan kesepakatan pada musyawarah pertama di Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, pengambilan keputusan ini juga didasari karena selama ini banyak kegiatan dari forum yang tidak berjalan. Kemudian, harapan dari seluruh Kades se-Loteng juga tidak terfasilitasi dengan baik oleh kepengurusan saat ini.  Oleh karena itu, FKD Loteng menyepakati untuk melakukan Musdalub guna meningkatkan produktifitas maupun kinerja dari FKD Loteng.

Kades menerangkan, kaitan tidak datangnya perwakilan dari FKD Praya Timur bukan berarti secara utuh rekan anggota di sana tidak sepakat dengan diadakannya Musdalub tersebut.

“Berbeda pandangan hal biasa, tapi tidak semua rekan Kades di sana tidak sepakat dengan keputusan hari ini,” ungkapnya. 

Kalaupun berkembang ketidaksepahaman kaitan perjalanan FKD Loteng selama ini, semoga dengan adanya agenda hari ini permasalahan yang ada dapat dirundingkan bersama. Agar kedepannya FKD Loteng dapat berjalan sesuai peran, fungsi dan tanggung jawabnya.

“Mohon di forum nanti semua permasalahan dapat diluruskan. Jadi hasil dari Musdalub semoga sesuai dengan harapan dari seluruh kepala desa di Loteng,” ujarnya.

Dari Musdalub ini, Kades Nyerot, Sahim kembali terpilih sebagai Ketua FKD Loteng dengan perolehan suara 15 suara. Sementara pesaingnya Kades Selebung, Agus Kusumahadi  mendapat 9 suara, Kades Ungga, Suasto Hadiputro Armin 8 suara, Kades Kopang Rembige, Widianto 4 suara dan Kades Teduh, Jumadil Awal 1 suara.

Ketua terpilih, Sahim menyampaikan, terimakasih atas kepercayaan pengurus FKD Kecamatan yang telah memberikan amanah.

“Kepercayaan ini tidak akan berjalan mulus dan baik selama tiga tahun ke depan jika tanpa bantuan semua Kades, terutama pengurus FKD kecamatan. Untuk itu saya berharap agar rekan-rekan FKD Kecamatan kompak membantu dan melakukan konsolidasi rutin dengan semua anggotanya,” ungkapnya.

Agenda ke depan FKD cukup banyak. Salah satunya adalah bagaimana organisasi ini mampu menjembatani dan memperkuat pemahaman Kades terkait pengelolaan keuangan desa. Untuk itu, pihaknya ingin bagaimana bisa menjalin komunikasi dan pendampingan dengan instansi terkait. Seperti Inspektorat, Kepolisian dan Kejaksaan.

“Mari kita bersatu dan hindari perbedaan. Sekarang tidak ada waktu untuk berdebat tapi memperbaiki bersama organisasi ini,” tegasnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Loteng, H L Rumiawan berpesan, keputusan untuk mengadakan Musdalub tentu adalah domain dari internal FKD Loteng. Namun, dirinya berharap hasil dari Musdalub ini semoga dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Artinya, forum ini diharapkan menjadi jembatan seluruh kepala yang ada di Lombok Tengah untuk dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan DPRD.

“Selamat dan sukses untuk Musdalub FKD Loteng, semoga menghasilkan kepengurusan yang lebih baik dari kepengurusan sebelumnya,” harapnya. (buy)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Warga Ranggagata Datangi Inspektorat

Read Next

Gubernur Klaim Persiapan MotoGP Mandalika ‘On The Track’

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *