Aparat Gabungan Perketat Pemeriksaan di Lembar

  • Bagikan
F PENGAMANAN
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA CEK: Para penumpang kapal yang baru tiba di Pelabuhan Lembar diperiksa oleh tim gabungan, Selasa (28/12).

LOBAR – Pengamanan pelabuhan penyeberangan Lembar diperketat jelang perayaan tahun baru 2022. Termasuk memperketat pemeriksaan terhadap penumpang kapal yang masuk ke Pelabuhan Lembar. Baik penumpang yang akan pergi maupun datang dari Padang Bai Bali. Dari pantauan koran ini, pemeriksaan dilakukan tim gabungan kepolisian, TNI, pihak Dinas Perhubungan hingga otoritas jasa pelabuhan seperti ASDP.

Tak hanya kendaraan muatan atau penumpang, namun juga penumpang pejalan kaki ikut diperiksa. Mulai dari kartu vaksin dosis kedua maupun hasil PCR antigen yang berlaku 1×24 jam.

“Mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 dilaksanakan Operasi Lilin Rinjani 2021 yang pengamanannya dilakukan secara terpadu dengan gabungan lintas sektoral baik itu TNI Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan maupun instansi terkait yang ada di pelabuhan,” terang Kapolsek KP3 Pelabuhan Lembar, Iptu Irvan Suharman yang dikonfirmasi, Selasa (28/12).

Dia memastikan pemeriksaan penumpang tetap dilakukan baik yang keluar ataupun datang. Mulai dari kelengkapan surat kendaraan bermotor, muatan hingga yang utama protokol kesehatan (Prokes). Sesuai Surat Edaran (SE) satgas covid-19 terdapat ketentuan atau syarat bagi para pelaku perjalanan melalui jalur laut.

“Baik berangkat maupun yang datang wajib sudah tervaksin dosis kedua, rapid antigen berlaku 1×24 jam dan tambahan untuk anak 6-12 tahun wajib PCR,” jelasnya.

Sementara untuk kendaraan logistik tak banyak perubahan ketentuan. Dimana bagi sopir yang sudah vaksin dosis 1, masa berlaku PCR Rapid antigen hanya 7 hari, sedangkan dosis 2 berlaku 14 hari. “Bagi yang belum divaksin selama periode natal dan tahun baru dari tanggal 24 Desember 2021-2 Januari 2022 tidak diperkenankan dulu melakukan perjalanan jauh,” tegasnya.

Langkah pengetatan ini dilakukan demi mencegah masuknya varian covid baru omicron ke NTB. Mengingat kawasan Pelabuhan Lembar menjadi salah satu pintu masuk pulau Lombok.

Sejauh ini berdasarkan data posko terpadu di Pelabuhan Lembar belum ada peningkatan untuk kendaraan maupun logistik jika dibandingkan tahun kemarin. Namun untuk penumpang pejalan kaki mengalami peningkatan jelang tahun baru.

“Peningkatannya di angka 5-8 persen dari tahun lalu,” pungkasnya. (win)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *