800 CJH Lotim Tarik Uang Setoran Haji

  • Bagikan
F ilustrasi uang
Ilustrasi

LOTIM – Gegara Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintah Arab Saudi menutup pintu untuk Calon Jamaah Haji (CJH) Indonesia. Belum lama ini, pemerintah Arab Saudi sempat memberikan lampu hijau membuka kembali pintu CJH indonesia.

Namun karena varian baru Omicron, sehingga kembali menutup pintu. Dampaknya, sekitar 800 orang CJH Lombok Timur (Lotim) yang telah mendapatkan kursi, mengurungkan niatnya untuk menunaikan ibadah haji.

Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lotim, Hj Baiq Isniati, pada awak media di kantornya menjelaskan, belum adanya kejelasan soal pemberangkatan haji dari pihak Arab Saudi selama pandemi, membuat CJH menarik Ongkos Naik Haji (ONH). Beragam alasan pembatalan pemberangkatan oleh para CJH daerah ini. Mulai dari keadaan ekonomi akibat terdampak Covid-19, tidak sabar ingin segera pergi ke tanah suci, sehingga ONH yang ditariknya itu digunakan mendaftar umrah.

“Padahal pemberangkatan umrah juga ditunda,” jelasnya.

Ditegaskan, rata-rata CJH yang mengurungkan niatnya untuk menunaikan ibadah haji itu ialah jamaah yang sudah menyetorkan uang hajinya dan telah mendapatkan kursi. Namun yang mengurungkan niatnya itu bukanlah yang tertunda pemberangkatannya, terkecuali bagi CJH yang meninggal dunia.

 “Baik haji atau pun umrah sama-sama masih ditutup. Terlebih, mereka sudah lama antre untuk mendapat kursi. Ini yang kita sayangkan,” tegasnya lagi.

Menurutnya, para CJH yang telah mendaftar tetap bersabar. Ia yakin, pemberangkatan ke tanah suci Makkah untuk menunaikan rukun islam kelima ini, pasti akan terwujud. Hanya saja saat ini masih menunggu izin dari Pemerintah Arab Saudi. “Insyallah pasti akan berangkat, kami harap masyarakat sabar dulu. Dan mudahan otoritas setempat segera membuka pintu kembali,” pungkasnya. (fa’i/r3)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *