Ketua Bawaslu NTB Itratip. (JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA)

MATARAM – Safari politik Anies Baswedan di Lombok menjadi atensi Bawaslu Provinsi NTB.

Bahkan Bawaslu Provinsi NTB menginstruksikan jajarannya di masing-masing kabupaten/kota untuk mengawasi seluruh pelaksanaan kunjungan Anies.

“Kita sudah minta teman-teman untuk melakukan pengawasan dalam setiap kegiatan tersebut,” ujar Ketua Bawaslu Provinsi NTB, Itratip di Mataram, kemarin.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan tiba di Lombok hari ini Rabu, tanggal 30 Januari 2023. Anies rencananya akan mengunjungi sejumlah tempat di NTB pada Senin-Selasa (30-31 Januari). Tidak ingin kecolongan, Bawaslu di kabupaten/kota diminta terus melakukan pengawasan.

Itratip menjelaskan, pengawasan tersebut dilakukan pihaknya untuk mencegah adanya pelanggaran Pemilu. Mengingat tahapan pemilu 2024 sudah mulai berjalan, sehingga setiap aktivitas-aktivitas politik harus tetap berada dalam pemantauan Bawaslu.

“Jadi kita hadir mengawasi karena Bawaslu harus memantau setiap aktivitas untuk menghimpun informasi sebagai bagian dari upaya pencegahan,” tegasnya.

Itratip mengatakan kehadiran Bawaslu bukan untuk mencari-cari kesalahan atau mencari ada tidaknya pelanggaran. Tapi dalam rangka menghimpun informasi atau data untuk menilai proses yang dilakukan dalam seluruh rangkaian kegiatannya selama di Lombok maupun di Sumbawa.

Menurut Itratip meskipun belum memasuki tahapan kampanye, dalam kunjungan Anies tersebut bukan berarti tidak ada potensi pelanggaran.
Disebutkannya salah satu potensi terjadinya pelanggaran dalam kegiatan tersebut yakni adanya pihak-pihak yang dilarang undang-undang untuk berpolitik, tapi ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Jadi kami mengawasi tidak sekedar hanya mencegah terjadinya pelanggaran, kita ingin memastikan apakah materi yang disampaikan tidak ada unsur pelanggaran. Selain itu, untuk memastikan apakah ada atau tidak ada keterlibatan jajaran ASN, atau pihak-pihak yang dilarang untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik, hadir di situ,” tegasnya.

Lebih-lebih dalam agenda kunjungan Anies tersebut ada beberapa kepala daerah yang akan ikut terlibat dan di sana terdapat potensi kalangan aparatur sipil negara ikut terlibat.

Beberapa kepala daerah yang akan terlibat langsung dalam kedatangan Anies terdesain yakni, Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi yang bertindak sebagai ketua panitia penyambutan, selanjutnya Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid yang akan menerima kunjungan Anies ke daerahnya.

Sebelumnya Ketua Bapilu NasDem NTB, H Rumaksi menyampaikan Anies dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke NTB selama dua hari.

Diungkapkannya, beberapa agenda kunjungan Anies di Lombok yakni melakukan kunjungan ke Yatofa Bodak Lombok Tengah, kemudian ke Lombok Timur dan juga melakukan silaturahmi dengan tokoh masyarakat lintas agama di Lombok Barat.

“Silaturahmi saja, jadi kita tidak sebut apa acaranya, yang jelas di sana itu nanti ada surprise (kejutan) tersendiri. Jadi ini tidak perlu kita sebut apa yang akan terjadi di sana (Yatofa Bodak),” jelasnya.(jho)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 396

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *