MATARAM – 2402 Warga Binaan dan Anak Binaan memperoleh Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M. dimana peroleh tersebut Warga Binaan sejumlah 2349 orang dan Anak Binaan sejumlah 53 orang di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Barat Rabu (10/04). Penyerahan Remisi Khusus dilaksanakan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Barat Parlindungan menyampaikan dari jumlah tersebut, sebanyak 2401 orang mendapat RK I (pengurangan sebagian) dan 1 orang mendapat RK II (langsung bebas). Dengan rincian Pidana Umum sejumlah 1308 orang, Pidana Khusus/PP.99 Tahun 2012 sejumlah 1094 orang. Remisi menjadi indikator bahwa Warga Binaan dan Anak Binaan telah patuh terhadap peraturan di Lembaga Pemasyarakatan dan telah mengikuti program pembinaan dengan baik,” ujarnya.

Dalam proses pemberian remisi dilaksanakan sholat Idul Fitri 1445 H secara berjamaah bagi para Warga Binaan dan Anak Binaan yang menjalani masa pembinaan di lingkungan Lapas, Rutan dan LPKA. Momentum acara ini penting bagi para Warga Binaan damn Anak Binaan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh khidmat dan kesyahduan. Parlindungan menegaskan perhatikan keamanan dan ketertiban agar kegiatan berjalan dengan lancar.

“Sesuai sambutan Menkumham Yasonna H. Laoly pemberian remisi dan pengurangan masa pidana merupakan sebuah indicator bahwa telah mampu mentaati peraturan di Lapas/Rutan/LPKA dan telah mengikuti program pembinaan dengan baik. Program pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepribadaian dan kemandirian Warga Binaan dan Anak Binaan agar menyadari kesalahan, memperbaiki dirim dan tidak mengulangi tindak pidana, sehingga dapat diterima Kembali oleh lingkungan masyarakat.

Parlindungan juga menegaskan pemberian remisi dan pengurangan masa pidana ini dimaknai sebagai persiapan diri dan kesungguhan untuk tidak melanggar hukum lagi.

“Dalam kesempatan yang baik ini, Saya berserta seluruh Pimpinan Tinggi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445H, Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin,” tutup Parlindungan.(*)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 164

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *