POTO BERSAMA: Pihak Kodim 1620/Loteng dan Kades Pengadang serta pihak lainnya berpoto bersama usai sosialisasi, Selasa (7/3). (IST/RADARMANDALIKA.ID)

PRAYA –TNI kembali membuka program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 tahun 2023. Dimana, da 6 desa di Lombok Tengah (Loteng) yang bakal kecipratan program tersebut.

Hal itu di sampaikan Kasdim 1620/Loteng Mayor Inf Gede Nariada dalam acara sosialisasi bersama dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kepada masyarakat di Masjid Nurul Iman Dusun Rangah Desa Pengadang Kecamatan Praya Tengah, Selasa (7/3).

“Acara sosialisasi tersebut dilakukan sebagai langkah awal untuk memberikan informasi kepada masyarakat sebelum pelaksanaan TMMD kita laksanakan,” ujar Kasdim 1620/Loteng Mayor Inf Gede Nariada.

Namun jauh sebelumnya pihaknya juga sudah melakukan pendataan kelengkapan administrasi dan surat surat tanah yang di hibahkan oleh warga di enam Desa di Lombok Tengah yakni, Desa Pengadang, Batunyala Kecamatan Praya Tengah, Jango Kecamatan Janapria, Labulia Kecamatan Jonggat, Sepakek Kecamatan Pringgarata dan desa Mujur Kecamatan Praya Timur.

“Kemudian setelah itu kita melakukan peninjauan ke titik titik lokasi untuk menentukan sasaran yang akan di jadikan sebagai program TMMD,” kata Kasdim.

Sementara Kepala desa Pengadang Zaenal Abidin, mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan pembukaan jalan baru yang akan dilakukan oleh Kodim 1620/Loteng melalui program TMMD ke-117 yang sangat membantu warga desa pengadang khususnya warga Dusun Rangah.

“Karena kami sebagai kepala desa Pengadang juga sudah menekankan kepada seluruh kadus dan masyarakat agar nantinya turut berpatisipasi dalam program TMMD yang akan digelar kodim untuk desa Pengadang” kata Abidin.

Disamping itu, menurut keterangan Kadus Rangah, kurangnya fasilitas Infrastruktur yang masih belum memadai membuatnya harus mengajukan proposal terkait pembuatan jalan baru di dusunnya.

“Akan tetapi pada tahun 2023 ini baru  terealisasi melalui program TMMD ke 117 Kodim 1620/Loteng untuk melakukan pembukaan jalan baru di dusun kami,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid), Penataan Desa pada Dinas PMD Lombok Tengah M. Sasdi Wahyudi mengungkapkan, TMMD program Kodim 1620/Loteng akan dilaksanakan sekitar bulan Juni 2023, yang akan melibatkan semua unsur TNI Polri dan pemerintah baik dari desa hingga Kecamatan.

“Jadi kegiatan program TMMD ini bukan proyek tetapi merupakan wadah sarana gotong royong warga guna terlaksananya kegiatan buka jalan baru yg menghubungkan antar dusun untuk kepentingan bersama dan masyarakat banyak,” jelasnya.(tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 316

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *