Kondisi jalan dari Desa Buwun Mas.

LOBAR—Jauhnya jarak fasilitas kesehatan dari Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat membuat warga setempat berharap dibangunkan Puskesmas. Terlebih kondisi jalan desa itu yang cukup parah kerusakannya, membuat warga kesulitan saat hendak pergi ke fasilitas kesehatan untuk berobat.

“Kami berharap di sini (Buwun Mas) dibangun Puskesmas,” ujar salah satu warga Dusun Bengkang Desa Buwun Mas yang enggan disebut namanya, Senin (31/7).

Harapannya Itu sangat mendasar. Banyak warga yang butuh penanganan cepat ketika sakit. Jarak tempuh yang jauh dan membutuhkan waktu untuk sampai di Puskesmas yang berada di Sekotong membuat warga duluan lelah. Sehingga dengan adanya Puskesmas di Buwun Mas tentu akan sangat dirasakan dampaknya.

Merespon harapan warga itu, Kepala Dinas Kesehatan Lobar Arief Suryawirawan mengaku akan mengusulkan pada APBD tahun 2024. “Kita upayakan usulkan tahun depan,” ujarnya.

Ia mengaku perlu melihat juknis pembangunan Puskesmas di daerah itu seperti apa. Memang diakuinya, dari sisi wilayah jauh dari Puskesmas Sekotong sehingga perlu menjadi bahan pertimbangan ke depan. Meski belum ada Puskesmas, dikatakan Arief sudah ada Pustu di daerah itu. Kemudian ada Juga Poskesdes. Kemungkinan bisa dibangun menjadi Puskesmas kalau dihibahkan ke Pemda. Apalagi kondisi Poskesdes itu tak layak setelah sering dilanda banjir.

“Pernah dilanda banjir, sehingga bangunan Poskesdes itu kurang layak,” kata dia. (win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 332

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *