KLU – Yayasan Istana Qur’an Darul Ulum Desa Teniga, Kecamatan Tanjung menggelar Khatmul Qur’an dan Imtihan Tartil metode UMMI angkatan ke V tahun 2023. Para santri yang diwisuda tersebut pun menghipnotis para tamu undangan dengan lantunan dan hafalan Al-Qur’an yang dibacakan.

Pada acara khatmul Quran dan Imtihan ini tercatat 7 peserta didik yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat kelulusan pada Minggu (1510/2023) di Desa Teniga.

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Tanjung, Trainer dari Lembaga Metode UMMI provinsi, para tokoh agama dan masyarakat setempat lainnya.

Kepala TPQ Darul Ulum Padli Khalil menyampaikan khatmul Qur’an dan Imtihan Tartil ini dilakukan setelah melalui beberapa proses tahapan yang diikuti para santri TPQ. Mereka yang khatam dan diuji tersebut merupakan santri yang memenuhi syarat dengan nilai rata-rata sangat baik.

TPQ Darul Ulum jelasnya telah mulai melaksanakan proses belajar mengajar menggunakan metode UMMI sejak tahun 2017 yang mana sebelumnya kata Padli masih menggunakan metode Iqra’. TPQ Darul Ulum sendiri telah memulai khataman santri pada tahun 2019 lalu.

“Tentu ada perbedaan dari metode Iqra’ dan UMMI ini dimana dengan metode UMMI ini kualitas belajar nya lebih banyak disana ada bimbingan intensif yang kita berikan,” tuturnya

Dengan metode UMMI ini mereka yang dinyatakan layak menamatkan pendidikan di Darul Ulum jelasnya jika telah menempuh pembelajaran dari jilid 1 hingga jilid 6 dan telah khataman Qur’an sebanyak dua kali.

“Untuk santri kita ada sebanyak 70 saat ini, sementara yang sudah tamat belajar itu sekitar 100 santri,” jelasnya.

Yayasan Darul Ulum Teniga sendiri jelas Padli telah mengembangkan cabang tempat belajar Al-Qur’an di Lombok Utara, sehingga masyarakat Lombok Utara yang berada jauh dari akses Darul Ulum teniga bisa memilih cabang yang telah dibuka yakni di Dusun Gol, Desa Medana kecamatan Tanjung.

“Kita memiliki cita-cita agar TPQ yang ada di Lombok Utara ini bisa mengembangkan metode UMMI untuk belajar anak-anak karena ini manfaat sangat besar bagi penguasaan belajar Al-Qur’an,” cetusnya.(dhe)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 323

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *