Targetkan SK Dukungan Paket BARU Keluar Juli

F AA Koalisi

IST/RADAR MANDALIKA DARI KIRI: H Muazzim Akbar, H Darmawan, H Baihaqi, Hj. Baiq Ratu Diyah Ganefi, dan TGH Mahalli Fikri.

MATARAM – Partai koalisi pasang target. Surat Keputusan (SK) dukungan model B1-KWK dari DPP untuk Bakal pasangan calon (Bapaslon), H Baihaqi-Hj. Baiq Ratu Diyah Ganefi atau paket BARU (Baihaqi-Ratu) akan diterbitkan bulan depan, tepatnya Juli. SK dukungan itu akan dijadikan tiket daftar di KPU.

Ketua DPD Partai Berkarya Kota Mataram, I Gusti Nyoman Agung Sugantha, mengungkapkan, SK dukungan dari DPP untuk pasangan BARU akan dikeluarkan Juli mendatang.  Masing-masing pengurus partai di daerah sudah menggelar pertemuan dan telah sepakat untuk segera memproses SK dukungan di DPP.

“Komitmen untuk merealisasikan SK DPP segera. Setelah fix SK, kita lanjut ke tahap strategi dan lain-lain,” kata pria yang juga anggota DPRD Kota Mataram itu.

Langkah politik pasangan BARU sebagai salah satu kontestan di Pemilihan Wali dan Wakil Wali (Pilwali) Kota Mataram tahun 2020 bisa dipastikan akan berjalan mulus. Betapa tidak,  masing-masing partai telah menandatangani koalisi atau dukungan untuk pasangan BARU.

Penandatanganan dukungan tersebut dilakukan setidaknya oleh tiga partai di salah satu lokasi di Kota Mataram, Jumat (12/6). Antara lain, Partai Demokrat, PAN, dan Partai Berkarya. Kesepakatan itu ditandatangani oleh masing-masing pengurus partai di daerah dan disaksikan langsung oleh H Baihaqi- Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPD Demokrat NTB, TGH Mahalli Fikri, Ketua DPW Berkarya NTB, H Darmawan, dan Ketua DPW PAN NTB, H Muazzim Akbar. Hadir juga para ketua partai Kota Mataram. 

Kata Agung, berkas penandatangan atau kesepakatan dukungan untuk pasangan BARU akan disertakan atau diserahkan ke masing-masing DPP. Sehingga, SK dukungan model B1-KWK bisa segera diterbitkan. “Intinya dengan tiga partai ini kita sudah klop untuk persyaratan 8 kursi,” sebut dia.

Syarat minimal dukungan partai atau gabungan partai untuk bisa mendaftarkan bapaslon untuk Pilkada Kota Mataram di KPU setidaknya harus mengantongi 8 kursi di DPR Kota Mataram. Dimana, Demokrat memperoleh 4 kursi, PAN ada 3 kursi, dan Berkarya memeroleh 1 kursi pada Pileg Kota Mataram tahun 2019. 

Masing-masing jajaran pengurus partai berkomitmen untuk memperkuat koalisi untuk mendukung atau mengusung pasangan BARU hingga menjadi pemenang pada kontestasi politik di Kota Mataram. Partai koalisi, sebut Agung, tidak menutup diri jika ada partai lain yang ikut dalam gerbong pasangan BARU.

“Kita berharap lebih baik mencari kawan daripada lawan. Karena ini untuk kepentingan masyarakat Kota Mataram,” cetus dia.

Politisi Demokrat Kota Mataram, Suyahatman, membenarkan penandatangan kesepakatan dukungan untuk pasangan BARU. Untuk itu partai koalisi sudah siap bertarung di Pilkada Kota Mataram 2020 untuk mengantarkan H Baihaqi-Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota. 

“Tetap bisa daftar (di KPU). Tapi alangkah bagusnya paket BARU didukung banyak partai,” kata dia.

Dikonfirmasi terpisah, Hj. Baiq Ratu Diyah Ganefi, menegaskan, koalisi partai sudah menandatangi kesepakatan untuk mendukung pasangan BARU. Selanjutnya, SK dukungan dari masing-masing DPP ditargetkan terbit pada Juli 2020. Kemudian, deklarasi direncanakan awal Agustus mendatang. 

“Kita sudah punya tim dan sudah menyiapkan strategi-strategi untuk memenangkan Pilkada,” kata dia.

Dirinya pun mempersilakan partai lain yang ingin bergabung untuk ikut mendukung pasangan BARU. Yang jelas, ujar dia, Demokrat, PAN, dan Berkarya, sudah sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Kota Mataram.

“Yang sudah betul-betul mengusung kita yang tiga (partai) ini,” terang Diyah. (zak)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Warga Tiga Gili Diajak Tetap Disiplin Menerapkan Protokol Kesehatan

Read Next

Bahas Pilkada Loteng, PKB Temui Ketua PWNU NTB

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *