Tahun 2020, Pratim Tuan Rumah STQ

f STQ

JAYADI/RADAR MANDALIKA RAPAT: Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri bersama dengan Kabag Kesra memimpin rapat persiapan pelaksanaan STQ tingkat kabupaten, kemarin.

PRAYA—Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-26 tingkat kabupaten akan dipusatkan di Kecamatan Praya Timur. Kegiatan yang akan dilaksanakan 22 Februari mendatang itu mulai dipersiapkan. Baik dari pembentukan panitia hingga segala sarana untuk mendukung STQ. Hal tersebut dipastikan setelah dilakukannya rapat persiapan di Ruang Tastura Kantor Bupati Loteng, kemarin.

Rapat persiapan dipimpin langsung Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri didampingi Kabag Kesra Setda Loteng, Ridwan Mahruf dengan dihadiri semua camat dan sejmlah perwakilan dari dinas terkait.

Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri meminta agar panitia untuk segera menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan STQ tingkat kabupaten ini. 

“Kita harus segera menyusun rencana pelaksanaan STQ ini. Karena STQ di tingkat kecamatan sudah mulai dilaksanakan. Bagi kecamatan yang belum segera untuk menyelenggarakan,” katanya, kemarin.

Ia menegaskan, STQ tingkat kabupaten ini harus lebih meriah dan gaungnya lebih besar dengan tahun sebelumnya.  Oleh karena itu, semua dinas harus dilibatkan. Seperti pada pawai taaruf, semua harus ikut.  Baik perangkat desa, kader posyandu, semua anak sekolah dari SMP serta SD. Semua guru, marbot dan tanpa terkecuali semua unsur kecamatan.

“Saya juga minta agar kecamatan sebagai tuan rumah harus mencari lokasi dimana STQ akan dilaksanakan,” jelasnya dengan tegas.

Menurut, STQ ini yang dilaksanakan dari tingkat kecamatan itu merupakan ajang mencari bibit qori dan qoriah berbakat. Hasil STQ tingkat masing –masing kecamatan ini, kembali akan di lombakan pada STQ tingkat kabupaten.  Setelah itu, peserta yang menjadi juara di STQ tingkat kabupaten akan mewaikili Loteng untuk ikut lomba di tingkat Provinsi NTB yang akan dipusatkan di Kabupaten Dompu.  Selanjutnya, hasil STQ tingkat provinsi itu akan dilombakan di tingkat nasional di Sumatera.

“STQ ini juga diharapkan dapat menjadi ajang syiar islam di masyarakat, serta mampu menumbuhkan semangat masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan syiar islam di Kabupaten Loteng itu,” harapnnya.

Ia mengaku, pembinaan pada peserta harus lebih ditingkatkan lagi.  Karena, pihaknya melihat salama ini prestasi pada lomba STQ ini sudah mulai menurun. Padahal, banyak anak didik kita di Loteng ini sangat hebat dan mampu untuk mewakili kabupaten Loteng ke tingkat selanjutnya.

“Rencana STQ kabupaten akan dibarengi dengan kegiatan Isra Miraj,” tuturnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Loteng, Ridwan Mahruf menegaskan, pelaksanaan STQ di masing -masing kecamatan harus segera diselesaikan. Karena, pelaksanaan STQ tingkat kabupaten tinggal sebentar lagi.

“Kita dari sekarang harus sudah melakukan persiapan,” jelasnya, kemarin.

Ia menegaskan, untuk cabang lombanya dalam STQ tentu akan  sama dengan cabang lomba pada event STQ sebelumnya. Tidak ada perbedaan sebagaimana mestinya. Hal ini bertujuan untuk pembinaan mental para qori/qoriah secara berkesinambungan.

“Meskipun nantinya yang dikirim mewakili Kabupaten ke tingkat provinsi hanya para juara,” jelasnya.  Ditambahkan, pihaknya sangat berharap semua pihak harus terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan STQ tersebut.

“Kita harus bekerja sama untuk menyukseskannya,” ungakapnnya. (jay)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

PAN Mau Rekom Calon yang Berpotensi Menang

Read Next

Mantan Bendahara Pengembur Susul Supardi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *