Sudah Divaksin, Kadikes Lobar Positif Covid-19

F—.COVID  scaled

WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA TERKUNCI: Ruangan Kadikes Lobar Hj Ni Made Ambaryati ditutup, kemarin pasca dinyatakan positif Covid-19.

LOBAR—Kepala Dinas Kesehatan (Kadikes) Lombok Barat (Lobar) Hj Ni Made Ambaryati dinyatakan positif Covid-19. Ia tertular dari salah seorang anggota keluarganya yang bekerja di RSUD Tripat Gerung dan sudah dinyatakan positif Covid sebelumnya. Hal itu diungkapkan oleh Kabid P3KL Dikes Lobar, dr H Ahmad Taufik Fathoni yang dikonfirmasi.

“Karena di rumah sakit ada beberapa yang positif jadi tertular di sana,” terangnya saat ditemui di kantornya, kemarin.

Sebelumnya salah seorang anggota keluarga Kadikes ini terkonfirmasi positif pada pekan kemarin. Sehingga Kadikes melakukan swab pada Jumat (29/1) lalu. Hasil positif itu keluar pada Sabtu (29/1). Meski sebelumnya Kadikes sudah menerima vaksin pertama.

“Kenapa bu kadis bisa positif walaupun sudah divaksin? Karena antibodinya, belum 15 hari jadi belum terbentuk. Oleh karena itu bisa terpapar,” jelasnya.

Ditambahkan, sebelumnya salah seorang keluarga Kadikes sempat terkena DBD. Sehingga diperkirakan karena kondisinya masih lemah, jadi mudah terpapar virus Covid. Sejauh ini kondisi Kadikes dan seorang anggota keluarganya itu dalam keadaan baik. Lantaran tak ada gejala yang dirasakan, sehingga melakukan karantina mandiri di kediamannya.

“Kondisi bu Kadis baik. Masuk katagori OTG (Orang Tanpa Gejala),” ungkapnya.

Meski demikian, seluruh pegawai kantor Dikes Lobar tak ada yang terpapar. Sebab setelah mengetahui terpaparnya Kadikes, seluruh pegawai langsung dilakukan rapid tes antigen dan hasilnya negatif. “Sopirnya bu kadis juga negatif, pembantunya juga negatif. Karena kalau bu kadis ini protokol kesehatannya di kantor ini ketat jadi ndak kita khawatirkan,” bebernya.

Pasca dinyatakan positif, Kadikes Lobar tidak akan menerima vaksinasi yang kedua jika sembuh nantinya. Mengingat ketentuan vaksin Sinovac itu tak bisa diberikan kepada orang yang sudah pernah terkena Covid.

Sementara itu, Sekretaris Dikes Lobar, Arif Suryawirawan mengaku sudah menyampaikan kabar positifnya Kadikes kepada Sekda Lobar. Agar segera menunjuk Plt Kadis selama Kadikes menjalani isolasi mandiri selama dua pekan. Sehingga tidak mengganggu pelayanan. “Sebelum Plt ini turun, sementara saya mengisi dulu, sambil menunggu. Mungkin hari ini sudah turun siapa Plt yang ditunjuk pak sekda,” jelasnya.

Menurutnya secara teknis tak akan terlalu terganggu. Karena secara fisik Kadikes kondisinya juga sehat. Bahkan tetap memantau di grub WhatsApp (WA). “Karena bu kadis selama ini paling ketat prokesnya,” pungkasnya.(win)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Kacau, Baru Selsai Dibangun Senggigi View Ambles

Read Next

Tiga Kabupaten di NTB Berpotensi Diisi Penjabat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *