STQ XXVI, Bupati Minta Jadikan Wadah Siapkan Generasi Qur’ani

WhatsApp Image 2020 11 03 at 10.59.30 AM

LANTIK : Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, saat melantik dewan hakam dan sekalgusmembuka STQ ke- XXVI di Ponpes Darusshomad Desa Kerongkong Kecamatan Suralaga Lotim, kemarin.

LOTIM – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-XXVI tingkat Kabupaten Lombok Timur (Lotim), mulai dihelat. STQ tahun ini, pemerintah Lotim pusatkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Darusshomad, Desa Kerongkong Kecamatan Suralaga Lotim. Bupati Lotim HM Sukiman Azmy saat membuka STQ itu, meminta menjadikan wadah STQ untuk menyiapkan generasi qur’ani.

“Saya harap, STQ ini menjadi bagian dari langkah menyiapkan generasi qur’ani, generasi yang menjadikan Alqur’an sebagai pegangan dan penuntun dalam keseharian. Ini sesuai tema diangkat, yakni menuju generasi qur’ani,”kata Bupati.

Dalam kacamatanya, generasi qur’amo todal jamua memilik akhlak mulia, melainkan juga menguasai ilmu. Baik itu ilmu agama, mau pun pengetahuan lainnya. “Alqur’an mencakup berbagai yang dibutuhkan manusia,”tegasnya.

Ia mengungkapkan, menjadi tugas semua pihak dalam mempersiapkan generasi qur’ani. Tentu, harus dimulai dari lingkungan terkecil, terutama pada seorang anak, dan rumah tangga. Tidak saja sekadar membiasakan membaca, melainkan juga mempelajari Alqur’an.

“Akan menjadi paripurna, ketika Alqur’am dapat diamalkan sedikit demi sedikit, secara bertahap bersama keluarga,”ketusnya.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Lotim ini, memberikan apresiasi atas hasil yang raih kafilah Lotim memperbaiki peringkat enam menjadi peringkat kedua, pada even Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi NTB 2019 lalu.

“Untuk MTQ berikutnya, saya harap prestasi itu dapat ditingkatkan, atau minimal dipertahankan. Dari itu, diperlukan kerja lebih keras lagi,” pungkasnya, seraya berpesan, agar semua pihak terkait, melakukan pembinaan secara berjenjang dan berkelanjutan, karena dibutuhkan untuk regenerasi serta peningkatan prestasi. Frekuensi latihannya juga agar ditingkatkan.

Untuk diketahui, pada STQ XXVI yang dihelat hingga (7/11) mendatang ini, akan di ikuti 283 kafilah dari 21 Kecamatan. STQ ini melombakan tiga cabang mata lomba, dengan Sembilan golongan. Sementara jumlah Dewan Hakam sebanyak 35 orang, yang dinahkodai H Ali Fikri dan sekretaris H Lalu Muhibban, sesuai dengan Keputusan Bupati, nomor 188.45/505/Kesra/2020. (fa’i/r3)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Dewan Loteng Siap Terjun ke Masyarakat

Read Next

BBM “Sekarat”, Polisi Diminta Awasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *