Sisa Dana RTG Dialihkan untuk Gaji Fasilitator

  • Bagikan
F RTG Lobar
RTG Lobar

LOBAR – Sisa dana bantuan Rumah Tahan Gempa (RTG) Lombok Barat (Lobar) yang ditarik dari penerima tak tepat sasaran akan dialihkan untuk gaji fasilitator dan perbaikan kantor camat. Menyusul belum terbayarnya gaji fasilitator selama enam bulan. Pemkab Lobar pun sudah mengusulkan kepada BNPB untuk pengalihan anggaran itu dan diizinkan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Lobar, Mahnan mengatakan pihaknya mengusulkan dua proposal ke BPBD. Salah satunya penggunaan dana RTG Rp14 miliar yang merupakan dana sisa. “Kami usulkan penggunaannya untuk membayar gaji fasilitator yang belum diterima selama enam bulan, termasuk untuk penanganan kantor BPBD, dan dua kantor camat,” jelasnya pekan kemarin.

Rencananya, anggaran sisa RTG itu akan dipergunakan untuk memperbaiki kantor BPBD. Termasuk kantor Camat Gunungsari dan Narmada.  “Yang jelas kita usulkan saja dulu,” ujarnya.

Informasi yang diperoleh, masalah pembayaran gaji fasilitator akan dilakukan bulan ini. Sebenarnya, dana itu awalnya akan diajukan untuk penanganan rumah terdampak bencana banjir dan longsor. “Tapi ini khusus untuk RTG, beda proposalnya,” ujarnya.

Sebelumnya, para fasilitator Rumah Tahan Gempa (RTG) menuntut pembayaran gaji mereka yang belum dibayarkan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Terhitung selama enam bulan mereka belum terima gaji. Yakni mulai dari bulan Desember 2020. Kemudian bulan April sampai Agustus 2021 belum dibayarkan hingga akhir tahun 2021.”Selama tahun 2021 gaji yang sudah dibayarkan hanya tiga bulan yaitu untuk bulan Januari, Februari, Maret. Yang belum dibayarkan ini, gaji bulan Desember 2020, dan gaji bulan April sampai Agustus,” kata Musleh, fasilitator RTG Lombok Barat.

Bersama 97 fasilitator lainnya, ia sudah berusaha berkoordinasi dengan BPBD Lobar dan melakukan audiensi dengan Asisten II untuk mendapatkan kepastian kapan gaji bisa dibayarkan. Namun hasil komunikasi dengan pihak terkait belum ada yang bisa memberikan kepastian kapan gaji bisa dibayarkan, sedangkan tahun 2021 akan segera berakhir. (win)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *