Sanksi dari KASN Kurang Ampuh

f fauzan

Lalu Fauzan Hadi

PRAYA – Komisioner Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Loteng, Lalu Fauzan Hadi mengungkapkan, usai penetapan pasangan calon Buati dan Wakil Bupati. Sampai tahapan kampanye terhitung ada tujujuh Aparatur Sipil Negara (ASN) ditemukan melabrak kode etik sebagai ASN.

Disebutkannya, dua diantaranya telah diproses saat penetapan calon, satunya sudah dinaikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan satu lagi masih diproses. “Yang sudah sampai KASN baru satu orang, waktu itu kasusnya terkait Kepala SMPN 3 Kopang, yang terbukti melakukan kampanye di medsos. Untuk saat ini kita masih menunggu apa keputusan dari KASN terkait sanksi yang diberikan,” bebernya pada wartawan saat ditemui di kantor Bawaslu Loteng, Selasa, (6/10) kemarin.

Sedangkan, terkait masa tahapan kampanye, Bawaslu sendiri telah memproses lima ASN terkait pelanggaran netralitas dan untuk putusan saat ini masih menunggu pleno dalam waktu dekat. “Kita pleno dulu baru keluar hasil, tunggu saja,” katanya.

Fauzan mengatakan, sanksi untuk ASN saat ini dinilainya belum cukup ada efek jera kepada oknum ASN yang terlibat politik praktis. Sehingga kejadian yang sama kedepannya kemungkinan besar akan terus terulang. “Jadi kalau mau menertibkan ASN, berikan sanksi lebih tegas dong. Inikan seharusnya mereka mengabdi pada negara, kok malah ngabdi ke penguasa,” sentilnya.

Sementara, terkait sanksi memang bukan wewenang Bawaslu, jadi kalau laporan sudah dikirim ke pusat, maka nantinya daerah yang menentukan sanksinya seperti apa. Fungsi Bawaslu hanya sebatas memproses temuan dan aduan yang berkembang setiap tahapan. Terkait kasus lima ASN salam empat jari di Sembalun, disampaikan sudah dinaikan ke KASN. Namun sampai saat ini belum ada informasi soal keputusan. Lima ASN itu, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala DMPD, Plt BPBD dan satu pejabat di sekretariat dewan.(buy)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Dewan Dorong Pemprov Perbanyak Sumur Bor

Read Next

Fraksi PKS di Loteng Tegas Menolak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *