Dewan Dorong Pemprov Perbanyak Sumur Bor

F Anggota DPRD NTB Ruslan

Ruslan Turmuzi

MATARAM – Anggota DPRD NTB, Ruslan Turmuzi meminta pemerintah provinsi bisa memperbanyak pembuatan sumur bor. Katanya, hanya sumur bor yang dilihat efektif dalam mengatasi kekeringan.

“Masyarakat meminta di masing-masing kampung agar pemerintah bisa mengadakan sumur bor,” terang Ruslan.

Kata Ruslan, dampak kekeringan sangat merugikan masyarakat. Pertanian masyarakat tidak bisa berjalan baik. Di kawasan kekeringan petani hanya bisa bercocok tanam satu kali saja. Tidak hanya itu, konsumsi kebutuhan air bersih tentunya tidak bisa terpenuhi.  Untuk itu, politisi PDIP itu meminta pemerintah provinsi bisa bersinergi dengan kabupaten termasuk pemerintah pusat bagaimana caranya agar lebih memperbanyak sumur bor. Tentunya di tempat kering, masih tersedianya mata air dalam.

“Ini menjadi tugas bersama untuk memenuhi sumur bor,” tuturnya.

Untuk menyikapi kekeringan itu, Ruslan melihat sumur bor akan lebih efektif daripada membangun bendungan baru, apalagi konsekuensinya menggusur masyarakat seperti yang diwacanakan di Loteng yaitu, pembangunan Dam Mujur.

“Sementara ini sumur bor yang lebih efektif,” yakin dia.

Ruslan sedikit mengkiritisi pembangunan sumber bor selama ini, masih biasa biasa saja alias jarang sesuai standar Dinas ESDM. Kelayakan sumur bor itu setidaknya dibangun dengan anggaran Rp 300 juta dengan kedalaman puluhan meter.

“Kalau hanya dibangunkan 12 atau 14 meter saya kira itu sia sia,” sebut dia.(jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Ancam Blokir Jalur TPA Pengengat

Read Next

Sanksi dari KASN Kurang Ampuh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *