Piagam Kerjasama Tiga Partai tetapkan Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029.(Foto: Akun Twitter Anies Rasyid Baswedan @aniesbaswedan)

JAKARTA – Partai NasDem, Demokrat, dan PKS membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) dan sepakat menetapkan atau mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Piagam Kerjasama Tiga Partai yang ditandatangani Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Piagam kerja sama ini diumumkan di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

“Alhamdulillah, Koalisi Perubahan Untuk Persatuan makin solid dgn ditandatanganinya Piagam Kerjasama Tiga Partai: Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera,” ucap Anies Rasyid Baswedan melalui akun Twitter resminya @aniesbaswedan, seperti yang dilihat radarmandalika.id, Jumat (24/3).

“Penandatangan Piagam ini merupakan bentuk komitmen dari ketiga parpol, sekaligus menjadi ikatan formal kesepakatan ketiganya untuk mengusung @aniesbaswedan sebagai Calon Presiden Republik Indonesia, pada Pemilu 2024,” tulis akun Twitter resmi Partai Demokrat @PDemokrat.

Ketua DPP NasDem Willy Aditya menerangkan, kesepakatan untuk mengikat secara formal dukungan tersebut tercapai setelah melalui proses dialog mendalam, pertukaran pikiran, dan suatu musyawarah yang penuh kebersamaan.

“Kesepakatan ini didasari rasa tanggung jawab untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang menginginkan Indonesia yang terus menerus lebih baik, untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa sebagaimana yang termuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945,” jelasnya.

Adapun enam poin kesepakatan dalam piagam kerjasama tiga partai tersebut:

1. Bahwa kami Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera telah menyatukan tekad, tujuan dan langkah perjuangan dengan membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). KPP dibentuk sebagai tanggungjawab untuk memastikan kesinambungan pembangunan bangsa yang dimulai sejak kemerdekaan. Setiap lima tahun sekali, rakyat Indonesia berkesempatan untuk menentukan arah pembangunan berikutnya dalam rangka mewujudkan cita-cita pendirian Republik Indonesia, yaitu adil dan makmur. KPP menyongsong kesempatan ini dengan mengambil langkah pembaharuan berisikan perubahan dan kesinambungan.

2. Bahwa kami telah mencapai kesepakatan untuk menetapkan Sdr H Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029.

3. Bahwa kami memberikan mandat penuh kepada Calon Presiden Sdr H Anies Rasyid Baswedan untuk memilih Calon Wakil Presiden dan membentuk pasangan yang mampu memenangkan Pemilu 2024 dengan kriteria sebagai berikut: (1) berkontribusi dalam pemenangan, diwujudkan dengan tingkat elektabilitas yang tinggi, dan tingkat kerentanan politik yang rendah. (2) Berkontribusi dalam memperkuat dan menjaga stabilitas Koalisi, (3) berkontribusi dalam pengelolaan pengelolaan pemerintahan yang efektif, (4) memiliki visi yang sama dengan Calon Presiden, (5) berkomitmen membangun kebersamaan sebagai dwi-tunggal.

4. Bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama, KPP akan menyelenggarakan deklarasi dan mengumumkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

5. Bahwa kepada Calon Presiden diberikan keleluasaan untuk berkomunikasi guna membangun kerjasama dengan partai-partai yang kini memiliki kursi di parlemen untuk pada akhirnya memperkuat basis dukungan politik.

6. Bahwa untuk menyelenggarakan keputusan KPP, dibentuk sekretariat yang merupakan kelanjutan dari tim Persiapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (Tim Kecil).

Sementara Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya menjelaskan, sesungguhnya substansi dokumen dan enam poin kesepakatan tersebut telah disetujui oleh Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan dan ketiga Pimpinan Partai Politik sejak tanggal 14 Februari 2023.

“Persis setahun sebelum pelaksanaan Pemilu 2024,” ungkapnya.(red/tim)

 

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 361

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *