KLU—Setiap bulan Ramadhan, Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Utara selalu menggelar agenda safari Ramadhan dengan menyambangi masjid-masjid. Kalau tahun lalu ada tiga tim safari yang dibentuk Pemda, namun tahun ini mengurucut menjadi satu tim.

“Satu tim saja tahun ini. Kalau dulu tiga tim, ada tim Pak Bupati, Wabup dan Sekda. Kalau sekarang menjadi satu,” terang Kabag Kesra Setda Lombok Utara, Alwi Agusto kepada Radar Mandalika, kemarin.

Namun, kata Alwi, sasaran masjid yang akan dibantu tetap jumlahnya sama dengan tahun, yakni tiga masjid per kecamatan. Sehingga nantinya di satu kecamatan ada tiga masjid yang dibantu, namun hanya satu masjid yang dikunjungi.

“Jadi nanti saat safari di satu kecamatan kami minta perwakilan masjid yang mendapat bantuan untuk hadir dimasjid yang kami kunjungi,” jelasnya.

Dia menerangkan, bantuan yang disalurkan berupa bantuan keuangan yang bersumber dari dana zakat yang dikumpulkan di BAZNAS sebesar Rp 5 juta per satu masjid, dan juga bantuan sosial yang disiapkan dari Dinas Sosial P3A.

“Kalau dari Dinsos ini mereka yang lebih faham jenis bantuannya. Silahkan mungkin bisa konfirmasi ke dinas terkait ya,” cetusnya.

Mengenai masjid mana saja yang akan dikunjungi, saat ini belum ditetapkan. Kata Alwi, pihaknya masih menunggu data dari pihak kecamatan untuk mengusulkan ke kabupaten, masjid mana yang akan dikunjungi.

Kata Alwi, satu tim yang akan menggelar safari Ramadhan ini terdiri dari Bupati, Wabup, Sekda dan Pimpinan OPD. Yang mana ada lima kecamatan yang dikunjungi. Satu kecamatan ada satu masjid.

“Kunjungan safari akan dimulai dari Kecamatan Pemenang, baru Kecamatan Tanjung, dan terakhir di Kecamatan Bayan. Kita mulai pada tanggal 25 Maret mendatang,” bebernya.

Safari Ramadhan yang digelar Pemda tahun ini jelasnya menjadi kunjungan safari terakhir dari pemerintahan Djohan-Danny. Dalam agenda safari, katanya, pemerintah lebih kepada penyampaian hasil kerja pembangunan pemerintah daerah, serta mendengar saran dan masukan dari masyarakat.

Disamping itu, dalam giat safari ini tentu akan ada kegiatan dakwah yang disampaikan oleh tokoh agama yang dihadirkan Pemda.(dhe)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 562

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *