Revitalisasi Senggigi Ditender Bulan Depan

F REVITALISASI

WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA GROUP OBJEK: Kawasan Pantai Senggigi Kecamatan Batulayar.

LOBAR–Tender revitalisasi Kawasan Senggigi direncanakan April mendatang. Segala persiapan pelaksanaan tender itu pun diakui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sudah dilaksanakan. Recananya penataan Kawasan icon wisata Lobar itu akan menelan anggaran Rp 45 miliar. Bersumber dari dari anggaran APBD Lobar dan pinjaman daerah. Anggaran itu akan membenahi jalan koridor utama sepanjang 13 kilometer lebih dan aneka objek destinasi wisata di sana.

“Saat ini sudah masuk persiapan tender. Bila tidak ada hambatan, Mei sudah bisa kita mulai (pekerjaan fisik),” ujar Kepala Dinas PUPR Lobar, I Made Arthadana, kemarin.

Sejauh ini persiapan mengembalikan fungsi lahan dilakukan. Pihaknya akan lebih dahulu menyosialisasikan kepada masyarakat. Pihaknya ingin lahan-lahan milik jalan, kembali semula menjadi milik jalan.

Pria berkumis tebal itupun memaparkan pembagian tiga zona pengembangan dengan tema yang berbeda. Dimulai dari tema Pertama, kuliner sepanjang 3,2 kilometer. Dimulai dari gerbang masuk perbatasan Kota Mataram sampai ke kawasan sebelum Makam Batulayar.

“Untuk tema ini saja, kita menyiapkan Rp 2,3 miliar untuk 4 spot berupa pintu gerbang, rest area, trotoar dengan banyak signing edge,” paparnya.

Kemudian tema religi, untuk penataan Makam Batulayar dan Pura Batu Bolong. Anggaran Rp 1,2 miliar dipersiapkan untuk dua objek itu.

Terakhir, untuk zona ke-3 dengan tema pantai dimulai penataan dari kawasan Alberto sampai dengan perbatasan dengan Kabupaten Lombok Utara (KLU).

“Di kawasan sepanjang 6,5 kilometer kita menyiapkan signing edge di setiap 250 meter dan gapura perbatasan. Tapi untuk tema ini baru sampai tahap perencanaan saja,” papar Made.

Ditambah lagi dengan penataan jalan masuk menuju Pantai Senggigi senilai Rp 2,6 miliar. Serta kawasan inti Pantai Senggigi dengan anggaran Rp 11,4 miliar, dan gapura perbatasan senilai Rp 2,5 miliar.

“Sesuai arahan pimpinan, kita sangat serius membangun Senggigi. Di samping fisik, kita sedang membahas untuk pengelolaannya melalui DMO (Destination Management Organization),” pungkasnya. (win)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Banyak Siswa Belum Bisa Operasikan Komputer

Read Next

Duh, Hanya 591 Peserta ke Tahap SKB

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *