Pemprov Terima Penghargaan LEMKAPI

F Penghargaan

PENGHARGAAN: Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah saat menerima penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) di Mataram, kemarin.

MATARAM – Pemerintah Provinsi NTB menerima penghargaan dari Promoter Reward oleh Lembaga Kajian  Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) atas dedikasi dan loyalitas  yang tinggi dalam memberikan dukungan penuh terhadap Polda NTB, dengan inovasi pencegahan Covid-19 melalui Kampung Sehat.

“Sebuah penghargaan dan apresiasi, harus disikapi dengan rasa syukur, tapi pada saat yang sama supaya tidak jumawa kita harus ingat setiap penghargaan akan selalu dibarengi dengan cubitan dan teguran. Karena sejatinya kehidupan demikian adanya,” terang Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, kemarin.

Doktor Zul juga mengatakan bahwa penghargaan ini harus menjadi cambuk agar tetap meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Silih bergantinya musibah dan bencana yang melanda NTB selama ini, dapat dilewati dan dihadapi dengan sinergi dan kebersamaan. Karena kata kuncinya kekompakan dan saling koordinasi untuk membangun daerah ke depan.

“Inilah yang kami jadikan sikap dan bergaul di NTB. Ketika kita mendapatkan musibah, harus dihadapi dengan sabar untuk survive. Karena setelah cubitan, teguran akan ada cita dan tawa yang membahagiakan,” ucap Doktor Zul.

Ditambahkannya, hidup itu selalu bergantian. Oleh sebab itu sikapi hidup  dengan rasa syukur. Tidak semua orang akan memegang jabatan selamanya, suatu saat akan berhenti dan digantikan oleh yang lain. Maka, kata mantan ketua Senat UI ini, kesiapan mental untuk menerima dan menyikapinya dengan bijaksana.

Ditambahkan Kapolda NTB, Irjen Pol M Ikbal. Kapolda mengatakan, sinergi dan kebersamaan yang mengantarkan NTB berhasil mengajak masyarakat untuk membangun kampung sehat. Sehingga memperoleh banyak apresiasi.

“Kampung sehat ini merupakan dukungan dan kerja bersama pemerintah, TNI/Polri, stake holder lainnya dan seluruh madyarakat,”kata Kapolda NTB.

Program kampung sehat yang merupakan program Mabes Polri, sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19 ini, mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan dalam memutus mata rantai Covid.

Kapolda juga menjelaskan, diksi kata “Sehat” dalam program ini merupakan singkatan dari steril, ekonomi produktif, harmonis, asri, dan tangguh. Kampung Sehat juga melibatkan 1.136 desa dan kelurahan di seluruh NTB. Inilah ikhtiar nyata Polda NTB menggerakkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat NTB, untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

Sementara itu, Promoter Reward oleh Lembaga Kajian  Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr. Edi Saputro Hasibuan, mengatakan keberhasilan program kampung sehat di NTB diakuinya merupakan perpaduan serasi dan kekompakan antara Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, TNI/Polri dan masyarakat.

“Itu hasil penilaian kami,” kata mantan wartawan ini.

Pimpinan daerah seperti Gubernur, Polda, Danrem 162 dan pimpinan daerah lainnya,  sudah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kampung sehat program luar biasa. Seluruh masyarakat ikut peduli dan mendukung.

“Dalam catatan kami kinerja pemda, TNI, Polri dan semua masyarakat akhirnya dapat menurunkan angka covid di NTB,” kata dia.

Penghargaan ini sudah melalui penelitian dan kajian yang mendalam. Salah satu indikator peniliannya adalah dilakukan penelitian kepada 350 orang responden selama 1 bulan, di NTB.

Hampir 83,7 persen kepuasan masyarakat memuji dan mengapresiasi kampung sehat di NTB. “Program ini membekas di hati masyarakat, karena kebersamaan dan kedekatan antara Pemda, TNI, Polri dan masyarakat yang baik,” jelasnya.

Sehingga harapannya kedepan, roh kampung sehat ini tetap menjadi gaya hidup masyarakat di NTB.

Penghargaan dari Promoter Reward oleh Lembaga Kajian  Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) diberikan kepada Pemrov. NTB yang di terima oleh Gubernur, Polda NTB yang diterima oleh Kapolda, Korem 162/WB yang diterima oleh Brigjen Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani,  dan Kapolsek Lingsar AKP. Dewi Komalasari sebagai Polwan berprestasi atas dukungan dan kontribusinya terhadap inovasi kampung sehat.(jho/adv)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Hotel Karthika Beroperasi Lagi

Read Next

Tak Pakai Masker Siap Didenda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *