Proyek Pasar ACC Ampenan Dianggap Molor

ACC Ampenan scaled

DIANGGAP MOLOR: Seorang pengendara keluar dari Pasar ACC Ampenan yang akan direvitalisasi tahun ini.

MATARAM – Proyek konstruksi fisik Pasar ACC Ampenan dianggap molor. Proyek yang anggarannya dari Kementerian Perdagangan itu harusnya bulan ini sudah dalam proses pengerjaan. Jika mengacu dari proyek-proyek tahun lalu.

“Sepertinya agak molor dari waktu yang tahun lalu. Sebenarnya kalau tahun lalu, waktu ini sudah mulai proses pengerjaan,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, H Amran M Amin, pekan kemarin.

Anggaran revitalisasi Pasar ACC Ampenan bersumber dari dana Tugas Pembantuan APBN 2020 senilai Rp 1,3 miliar dari usulan Rp 1,5 miliar. Pemenang tender untuk pengerjaan proyek itu dimenangkan CV Aneka Cipta. Yang saat ini masih dalam proses sanggah.

Karenanya, Dinas Perdagangan Kota Mataram hanya bisa mengikuti proses yang tengah berjalan saat ini di bagian pengadaan barang dan jasa. “Artinya memang sudah seperti itu kondisinya,” kata pria yang juga pernah menjabat Camat Mataram itu.

Amran berjanji akan menekan pemenang tender atau pihak rekanan dalam mengerjakan proyek. Mengingat waktu yang dubutuhkan cukup singkat jelang akhir tahun 2020. Jangan sampai pengerjaan proyek Pasar ACC Ampenan terancam molor.

“Tentu kita akan melakukan penekanan-penekanan karena dengan limit-nya waktu yang kita miliki,” kata dia.

Belajar dari pengalaman tahun lalu, ujar Amran, pihaknya akan bersikap lebih tegas dan keras kepada pemenang tender. Jangan sampai proyek Pasar ACC Ampenan tahun ini molor seperti pengerjaan proyek Pasar Cakranegara pada tahun lalu.

“Pihak rekanan harus kerja ekstra. Dari pengalaman itu juga  supaya tidak terulang,” kata mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram itu.

Pasar ACC Ampenan yang akan direhab yaitu bagian atas lapak yang ditempati pedagang konveksi sekarang. Kata Amran, pihaknya bersama pihak kelurahan dan kecamatan sudah melakukan sosialisasi ke para pedagang terkait persiapan relokasi. Terkai hal ini sudah tidak ada masalah di lapangan.

“Kalau itu sudah klir. Alhamdulillah tidak ada penolakan-penolakan (dari pedagang) yang membuat kegiatan kita sementara ini terhambat,” tutur dia.

Ada sekitar 80 pedagang konvensi di Pasar ACC Ampenan yang akan direlokasi sementara di sekitar pasar. Dimana, beberapa pedagang akan tetap berjualan di tempat rekolasi. Bahkan, beberapa pedagang juga memilih tidak akan berjualan selama pasar tersebut direvitalisasi.

“Ada pedagang yang siap direlokasi. Kemudian yang lain juga siap tidak berjualan. Yang penting katanya (pedagang) menunggu proses (lapak) diperbaiki,” terang dia. (zak)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

KPU NTB: Penundaan Pilkada Kewenangan Kabupaten

Read Next

Pendaki Illegal Tewas, Ditemukan Mengapung di Sungai

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *