MATARAM – Kabar mengenai majunya Staf Khusus Menteri Luar Negeri, Dr H Lalu Muhammad Iqbal pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024 dinilai hal yang positif. Pengamat politik menilai Lalu Iqbal sangat faham dengan kondisi NTB saat ini.

Pengamat Politik Universitas Mataram (Unram), Dr. Saipul Hamdi mengatakan, Duta Besar Turki periode 2019-2023 itu dianggap memiliki pengalaman birokrasi yang tidak dapat diragukan lagi.

“Mas Iqbal saya lihat peluangnya sangat besar ya. Walaupun saya belum sering melihat beliau berinteraksi dengan masyarakat,” katanya.

“Tetapi saya yakin dengan pengalaman beliau tinggal bagaimana menawarkan gagasan baru saja,” sambungnya.

Menurut Saipul, sebagai penantang baru bagi pada Pilgub NTB, Lalu Iqbal dinilai masih perlu untuk melakukan interaksi sosial yang masif kepada masyarakat.

“Mas Iqbal ini harus banyak tampil di media untuk berbicara tentang NTB kedepan seperti apa? Apa solusinya? Tapi saya kira peluang beliau itu cukup besar lah,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Saipul, banyak isu yang dapat digaungkan oleh Lalu Iqbal untuk mendapatkan minat masyarakat. Salah satunya, yakni isu kesejahteraan masyarakat dengan angka pekerjaan migran indonesia (PMI) di NTB yang mana setiap tahunnya dinilai semakin meningkat.

“Apalagi melihat perekonomian NTB saat ini. Kita ini diselamatkan oleh ekonomi negara luar kan. Seperti Malaysia, Hongkong, Arab Saudi. Ekonomi kita disanggah dari sana,” sebutnya.

Saipul menilai Lalu Iqbal tidak mesti tampil di media untuk mengomentari hal-hal yang berat. Baginya, di NTB banyak hal kecil yang perlu mendapatkan sorotan agar diperhatikan.

“Misalkan pertanian, lalu janji pemerintah untuk industri ini juga belum terlihat,” ujarnya.

Oleh karena itu, Saipul melihat bahwa peluang tokoh baru seperti Lalu Iqbal pada Pilgub NTB 2024 ini terbuka lebar.

“Saya kira peluangnya besar. Tapi harus punya tawaran-tawaran baru untuk solusi di NTB kedepan,” katanya.

Di sisi lain, dia menyarankan Lalu Iqbal untuk segera mendekatkan diri dengan para petinggi partai politik (Parpol) di NTB.

“Beliau ini kan kurangnya di partai ya. Saya kira ini tantangan pertama. Karena percuma kita mau nyalon tapi partai tidak mau dukung kan berat juga,” imbuhnya.

Sehingga sekarang lanjut dia, tinggal bagaimana Lalu Iqbal bisa mendapatkan minat pimpinan parpol untuk mendukungnya.

Seperti diketahui, kabar majunya Lalu Iqbal untuk pilgub NTB tengah menjadi perbincangan hangat. Santri jebolan Ponpes As Salam Surakarta itu kedapatan sudah melakukan silaturahmi dengan sejumlah tokoh politik.

Tak itu saja, Lalu Iqbal juga diketahui berjumpa dengan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama. Di beberapa kesempatan saat dikonfirmasi apakah agenda pertemuan ini terkait rencana maju di Pilgub NTB, Lalu Iqbal mengelak. Ia menyebutkan, silaturahmi yang dilakukan untuk memberitahukan bila tugasnya sebagai Dubes Turki telah usai. (*)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 654

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *