LALU WARDIHAN (HAZA/RADAR MANDALIKA)

PRAYA—Terhitung mulai Agustus 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah (Loteng) sudah mulai memberlakukan absensi online bagi guru.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Loteng, Lalu Wardihan mengatakan, alasan diberlakukan absensi berbasis digital ini untuk memperketat tingkat kehadiran guru penerima tunjangan.

“Kita sudah melakukan sosialisasikan, nama aplikasinya Sisensi Mobile. melalui aplikasi ini absensi tidak lagi diverifikasi secara manual melainkan secara online,” tuturnya.

Melalui aplikasi ini/absen elektronik ini pemerintah bisa memonitoring tingkat kehadiran para ASN, pengaplikasiannya cukup lewat smartphone masing-masing.

“Namun patut diketahui aplikasi ini hanya bisa diakses jika berada di zona sekolah atau tempat tugas dan itu diakses menggunakan akun masing-masing guru,” jelasnya.

Menggunakan absensi secara menual lanjutnya, pemerintah tidak mengetahui tingkat kehadiran para ASN. Namun dengan berbasis mobile bisa diketahui secara langsung.

Pihaknya kembali mengingatkan, dengan adanya aturan baru ini para guru diminta taat aturan. Jangan sampai tingkat kehadiran minim karena akan berimbas terhadap jumlah tunjangan sertifikasi yang diterima.

“Ini juga dapat mendisiplinkan guru ASN, karena untuk absensi harus tepat waktu dan sudah real time,” pungkasnya.(hza)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 700

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *