Pemdes Barejulat Santuni 119 Yatim dan Jompo

  • Bagikan
IMG 20220429 WA0027
FENDI/ RADAR MANDALIKA BERIKAN: Kades Barejulat saat memberikan santunan secara simbolis kepada salah satu anak yatim, Kamis kemarin.

PRAYA – Pemerintah Desa Barejulat, Kecamatan Jonggat menyantuni sebanyak 119 anak yatim dan jompo, Kamis (28/04) di aula kantor desa setempat. Kades Barejulat, Selim menjelaskan kegiatan ini sebagai langkah pemerintah desa untuk memberikan perhatian kepada anak yatim dan juga orang tua jompo yang ada di desa.
Dari data yang di miliki pemerintah desa terdata sebanyak 317 orang anak yatim, disabilitas, dan orang tua jompo. Dari jumlah tersebut kades memastikan semuanya telah mendapat bantuan sosial baik yang bersumber dari pemerintah desa, pemerintah pusat, maupun melalui instansi lain seperti BPJS. Menurutnya pemberian BPJS juga bagian dari Bansos untuk masyarakat miskin yang hendak berobat di rumah sakit.

“Alhamdullilah semua anak yatim, disabilitas, orang tua jompo sudah mendapat bantuan,” ujarnya pada Radar Mandalika, kemarin.

Kades menegaskan agar masyarakat tidak ragu untuk pergi berobat kerumah sakit. Kendati masyarakat tidak memiliki BPJS pemerintah desa siap turun tangan untuk membantu agar nantinya jaminan kesehatan masyarakat bisa terpenuhi.
“Jangan takut pergi berobat,” tegasnya.

Santunan tersebut di berikan dalam bentuk uang dan beras untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat saat idul fitri. Kades menerangkan melalui bantuan ini akan mampu memupuk kepedulian masyarakat, sehingga senyum bahagia dan nuansa idul fitri juga bisa dirasakan oleh mereka.
Berkaitan dengan sumber santunan tersebut, kades menerangkan berasal dari sebaran kotak amal yang telah dititipkan di berbagai tempat, seperti di toko- toko sekitar desa, juga tempat lainnya. Selain itu anggaran juga bersumber dari zakat yang di kumpulkan di desa melalui unit pengumpul zakat (UPZ) setempat.
“Ada juga tambahan dari saya pribadi, sehingga bisa mencukupi,” terangnya
Dalam penyerahan tersebut, tidak semua penerima dapat hadir dalam kegiatan tersebut, sehingga untuk memaksimalkan pelayanan kepala desa bersama unsur pemerintah desa lainnya turun langsung menyambangi masyakat yang tidak berkesempatan hadir.
“Kita akan antarkan langsung menggunakan ambulan desa,” ungkapnya.
Dia berharap santunan ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, khususnya saat idul fitri nanti sehingga hari kemenangan tersebut bisa di sambut dengan riang dan gembira.
“Kami ucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat yang telah percayakan zakatnya melalui desa,” pungkasnya.(ndi)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *