Pelabuhan Lembar – Gili Mas jadi Pintu Masuk WSBK

F PELABUHAN 1

WINDY/RADAR MANDALIKA PINTU MASUK: Pelabuhan penumpang ASDP Lembar menjadi salah satu pintu masuk tamu atau penonton WSBK November mendatang di Mandalika.

LOBAR—Pelabuhan penumpang PT ASDP dan Pelabuhan Gili Mas Pelindo III di Lembar menjadi pintu masuk kedatangan tamu World Superbike (WSBK) Mandalika yang akan digelar November mendatang. Ribuan tamu diprediksi akan melalui jalur laut untuk menyaksikan secara langsung event internasional itu. “Wakil Gubernur sudah melaunching Pelabuhan Lembar sebagai pintu masuk World Superbike,” terang Manajer Operasional PT. ASDP Pelabuhan Lembar, Samiun Akbar, kemarin (20/9).
Pihaknya pun terus berbenah karena beberapa fasilitas perlu dipersiapkan. Seperti ruang tunggu bagi tamu, jalur keluar masuk kendaraan perlu ditata serta interkonektivitas angkutan bagi penumpang. Karena ia menilai harus ada bus yang mengantar penumpang sampai ke pintu keluar pelabuhan. “Tidak kalah pentingnya, protokol kesehatan. Kalau di pelabuhan bisa dibilang sudah oke,” kata Samiun.
Sejumlah fasilitas ini kata Samiun, harus sudah siap sebelum dimulai perhelatan WSBK. Terkait penyiapan fasilitas ini, sebagian sedang berjalan. Sedangkan untuk kendaraan interkoneksi bagi penumpang, menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan Provinsi NTB. Untuk itu, sudah ada penyerahan bus Damri untuk dikelola Dishub guna melayani penumpang di pelabuhan.
Langkah lain yang dilakukan pihaknya adalah melakukan perubahan pola operasional pelayanan penyeberangan. Terlebih jika terjadi peningkatan penumpang. “Pola operasional kapal itu setiap satu jam sekali berangkat. Ini mengantisipasi 15 ribu penumpang wisatawan yang datang lewat jalur laut,” ujarnya.
Dari 35 ribu perkiraan tamu, 19 ribu orang bisa langsung menggunakan pesawat. Sedangkan 15 ribu orang lewat jalur laut. Karena sebagian besar turun menggunakan pesawat Boeing dari Bali. “Kita targetkan disini 15 ribu orang penumpang,” imbuhnya.
Sementara itu GM Pelindo III Lembar, Baharudin mengatakan secara operasional pihak Pelindo sudah siap dengan operasi 24 jam 7 hari untuk melayani tamu Superbike. Dengan adanya kapal roro dari Surabaya tujuan Lembar dan Gili Mas yang beroperasi setiap hari sudah bisa mengakomodir. “Kita operasikan dua terminal penumpang kapasitas 2000 orang,” pungkasnya. (win)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Mori: Zul-Rohmi Harus Lebih Fokus

Read Next

Sekilas Perjalanan Desa Wisate Bilebante Lombok Tengah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *