Pejabat Eselon II Sabar, Eselon III ke Bawah Dapat Gaji 13

F AAA Pejabat

MATARAM – Pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon III ke bawah di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram akan mengantongi gaji ke-13 pada bulan depan tahun 2020. Sementara untuk pejabat eselon II harus bersabar dulu. Pasalnya, dipastikan tidak akan mendapat gaji ke-13 pada tahun ini sesuai rencana kebijakan pemerintah pusat.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram, HM Syakirin Hukmi, mengungkapkan, kabar terkait pemberian gaji ke- 13 yang hanya untuk eselon III ke bawah datang dari pemerintah pusat. Yang informasinya sudah beredar luas di media. Namun, pihaknya masih menunggu regulasi atau keputusan resmi  dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

“Beritanya eselon I dan II kan itu yang tidak dapat gaji ke- 13. Berarti yang di bawah itu akan dapat,” ujar dia, belum lama ini.

Seperti diberitakan, Kemenkeu RI memutuskan bahwa pembayaran gaji ke- 13 ASN akan dicairkan pada Agustus mendatang. Pencairan gaji ke- 13 tahun 2020 hanya diperuntukkan bagi pejabat eselon III ke bawah. Dalam arti, pejabat eselon I dan II tidak akan mendapat gaji ke- 13.

Pemberian gaji ke-13 tahun ini merupakan bagian dari program stimulus ekonomi di tengah pandemi Coronavirus Disease atau Covid 19 yang terjadi banyak daerah. Namun, komponen gaji ke- 13 tahun 2020 yaitu gaji pokok dan tunjangan melekat. Tunjangan melekat yang dimaksud terdiri dari tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. Artinya, tunjangan kinerja tidak masuk dalam komponen gaji 13 ini.

“Bahwa gaji ke- 13 hampir sama dengan gaji ke- 14. Berarti hanya gaji sama tunjangan istri dan anak serta tunjangan jabatan. Itu aja yang akan didapat,” jelas Syakirin.

Adapun data jumlah pejabat struktural yang diterima Radar Mandalika dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, kemarin (24/7). Bahwa jumlah pejabat eselon II sebanyak 38 orang, eselon III sebanyak 152 orang, eselon IV sebanyak 715 orang.

Perinciannya, sebanyak 1 pejabatan eselon II/A, dan 37 pejabat eselon II/B. Kemudian, sebanyak 52 pejabat eselon III/A, dan 100 pejabat eselon III/B. Sedangkan sebanyak 481 pejabat eselon IV/A, dan sebanyak 234 pejabat eselon IV/B.

Anggaran gaji 13 untuk ASN bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang diterima Pemkot Mataram. Syakirin menyebutkan, jumlah anggaran untuk pembayaran gaji 13 tahun 2020 ada sekitar Rp 20 miliar hingga Rp 24 miliar. Yang nantinya akan ditransfer oleh BKD ke masing-masing rekening ASN yang menerima gaji 13 tahun ini.

Namun, Syakirin masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat. Kapan kejelasan untuk membayar gaji 13 ASN. Sembari menunggu pemerintah pusat merampungkan regulasinya, pihaknya sudah meminta ke masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menyiapkan administrasi. Karena prosesnya, SKPD harus mengajukan administrasi ke BKD.

“Begitu dia terbit keputusan (pemerintah pusat) kapan dibayar. Dibayar tanggal sekian, tentu kami bayar,” tutup dia. (zak). 

1 Review

?s=96&d=mm&r=g
asmiranda
1

bermain game dapat hasil jutaaan

pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke qqharian dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. Click Disini

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

P3MI NTB Dukung Ayub Basamalah Sebagai Ketua DPP APJATI

Read Next

Bubar, Suryade Cari Pasangan Baru

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *