MATARAM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB berencana mengirimkan tenaga kerja (TKI) yang memiliki keterampilan khusus atau Specified Skilled Worker (SSB).

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Pemprov NTB menggandeng Indonesia Japan Business Network (IJB-Net). Bahkan Pemprov menandatangani kerjasama pelatihan bersertifikat bagi TKI dengan keahlian khusus.

Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah mengatakan, pihaknya sudah bertemu dan menandatangani kesepakatan kerjasama dengan pihak IJB-Net untuk pelatihan tenaga kerja.

“Kami mendukung langkah IJB-Net yang membuka peluang kerja ke Jepang bagi masyarakat NTB,” ujar gubernur usai bertemu pihak IJB-Net di Pendopo, Senin (17/7).

Dikatakan Bang Zul sapaan akrab gubernur, pengiriman  tenaga kerja yang berbeda dengan sebelumnya ini akan membuka peluang bagi tenaga ahli NTB yang ingin bekerja di perusahaan bisnis Jepang yang potensinya banyak dimiliki oleh masyarakat NTB.

Sementara itu, Ketua Umum sekaligus Pendiri IJB-Net, Sunyoto Rais mengatakan, untuk mewujudkan kerjasama tersebut, secepatnya dalam bulan ini pihaknya akan mengundang Japan  Foundation dan NHK Jepang untuk melakukan eksebisi sebelum melakukan pelatihan. Bahkan, Oktober mendatang direncanakan akan mengirim TKI dengan keterampilan khusus batch pertama.

“Sebetulnya potensi tenaga ahli kita banyak tapi sertifikasi dari Jepang sangat susah didapatkan, sehingga kami akan melakukan pelatihan sesuai kebutuhan bisnis di Jepang,” jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, selain memiliki jaringan bisnis luas, IJB-Net mengambil peranan dalam membantu promosi produk-produk unggulan. Tidak hanya itu, pengembangan sumber daya alam Indonesia menjadi produk-produk yang diperlukan di pasar global, terutama terkait makanan-minuman dan energi terbarukan.

“Selain itu, juga membantu masuknya investasi Jepang ke Indonesia, mempromosikan teknologi baru dari Jepang, dan membuka jalan bagi perusahaan Jepang yang mencari mitra bisnis di Indonesia,” tuturnya.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Kepala BRIDA NTB.(red)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 602

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *