LOBAR—Usaha Dinas Pariwisata (Dinspar) mengambalikan kejayaan Senggigi seperti sediakala mendapat dukungan dari berbagai pihak. Tidak hanya datang dari para pelaku wisata di Senggigi, namun program Senggigi Reborn juga mendapat dukungan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno.

Melalui momen sosialisasi Ekraf di Gerimaks Narmada, Sandi menyatakan dukungannya untuk program Senggigi Reborn dengan akan digelarnya berbagai event dikawasan andalan Lobar itu.

“Ada beberapa festival yang akan kita arahkan untuk hidupkan kembali Senggigi, termasuk juga Sunset Jazz. Aada kegiaatan olahraga, festival fasion di pasar seni dan kita inginkan ada event-event berskala Internasional seperti triatlon Iron Man,” terang Sandi.

Selain itu pihaknya juga mendorong agar Kabupaten Lombok Barat (Lobar) bisa menjadi kabupaten kreatif. Sehingga para pelaku usaha dibidang ekonomi kreatif, baik seni, fasion, kuliner, kriya dan videografi. Tak kalah pentingnya pihaknya juga akan membantu kemudahan terkait dengan harga tiket pesawat agar tidak melonjak mahal.

Dukungan Senggigi Reborn juga datang dari para Pelaku Wisata di kawasan Senggigi. Bersama Pemda Lobar sejumlah event akan digelar di Senggigi. Hal itu diungkapkan beberapa GM (General Manager) hotel di Senggigi saat dikunjungi Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) Agus Gunawan, akhir pekan kemarin.

Sejak beberapa waktu lalu, Kepala Dispar Lobar Agus Gunawan sudah melakukan kunjungan atau roadshow ke pelaku wisata di Lobar. Kegiatan ini akan terus dilakukan dalam rangka silaturahmi untuk membangun pariwisata Lobar.

“Kalau kunjungan langsung kayak gini, tentu suasana akan berbeda. Lebih santai, lebih intens, dan justru akan lebih efektif dibanding kita rapat-rapat gitu kan,” katanya saat mengunjungi Svarga Resort Lombok.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian besar khususnya kepada Kawasan Wisata Senggigi. Yakni, masalah kebersihan, penerangan, pedagang kaki lima, dan lainnya. Ia berharap melalui silaturahmi ini dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan para pelaku usaha pariwisata, serta masyarakat.

“Kita diskusi, kembali ke dasar yaitu Sapta Pesona Pariwisata. Kita hidupin lagi jumat bersih, kita bersama-sama membersihkan daerah wisata kita ini. Kita tunjukkan kekompakan kita, mulai dari hal yang kecil untuk sesuatu yang besar nanti,” tegas Agus.

Selain itu, ia berharap agar setiap hotel memiliki minimal satu event untuk meramaikan Senggigi.
“Seperti harapan Mas Menteri (Pariwisata,red) kemarin, dan harapan kita semua untuk mari berkolaborasi memperbanyak event di daerah wisata khususnya Senggigi dan Sekotong,” ujarnya.

Sementara itu GM Svarga Resort Lombok Zul Padli mengapresiasi “roadshow” yang dilakukan Kadispar saat ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini akan mampu mensinergikan keinginan pemerintah dan para pelaku pariwisata.

“Awal yang baik karena baliau menjemput bola, turun ke bawah untuk mensosialisasikan apa yang menjadi keinginan beliau. Dan kita punya keinginan yang sama bahwa Senggigi ini harus reborn dengan karakter yang beda dari yang lainnya,” ungkap Zul.

Tahun ini Svarga Resort akan menggelar satu buah event besar sebagai bentuk keberlanjutan dari event-event di tahun sebelumnya yang menggelar sebuah event mixology non alkohol yang basenya dari bahan lokal. Event itu terbilang sukses dan kebanyakan peserta merupakan barista hotel yang ada di Lombok dan Bali.

“Next event kita berharap bisa bikin Senggigi Svarga Fashion Week yang mana kita bisa mengekspose fashion hijabers, muslim friendly, seperti konsepnya Svarga. Saya berharap ini bisa jadi daya tarik untuk para pecinta update fashion,” terangnya.

Di tempat terpisah, GM Aruna Senggigi Resort & Convention Aditya Maulana membocorkan sedikit informasi terkait event yang sedang disiapkannya.

“Iya memang ini jadi acara tahunan di Aruna dan untuk mensupport event Lombok Barat juga, kita ada event Musik dan Live DJ juga di bulan Juli. Untuk lineup DJ nya siapa ya itu surprise lah nanti,” ungkapnya.

“Nanti juga di event Moto GP kita juga ada event setiap hari. Event musik juga selama empat hari tiga malam,” tambahnya. (win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 120

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *