LOBAR—Tambahan vaksin hewan diusulkan Dinas Pertanian (Distan) Lombok Barat (Lobar) kepada Pemerintah Provinsi jelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah Juni mendatang. Usulan sebanyak 5 ribu dosis itu akan dipergunakan memvaksin seluruh hewan qurban yang ada di kelompok ternak di Lobar.

“Kami diminta usulkan lagi malah untuk persiapan Idul Adha, sudah ada suratnya,” terang Kepala Distan Lobar Hj Damayanti yang dikonfirmasi akhir pekan kemarin.

Diakuinya, pihaknya sebelumnya sudah menerima 5 ribu dosis vaksin pada awal tahun lalu dan sudah digunakan hingga akhir Maret lalu. Sehingga stok vaksin sudah menipis dan pihaknya mengusulkan kembali.

“Sudah kepakai, malah kita kekurangan,” ujarnya.

Wanita berjilbab itu mengatakan, pihaknya ingin memastikan hewan ternak yang akan di qurbankan itu terbebas dari penyakit. Salah satunya penyakit mulut dan kuku (PMK). Karena diakuinya meski kini Lobar zero kasus PMK, namun pihaknya lebih memilin tetap mengantisipasinya.

“Kami akan membuat surat edaran menindaklanjuti edaran pusat untuk meminta semua puskeswan di Kecamatan untuk memeriksa dan mengecek kesehatan hewan quran,” bebernya.

Tak sampai itu saja, mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan itu memastikan pihaknya akan turun jelang dua pekan sebelum Idul Adha. Pihaknya akan mengecek sejumlah hewan quran baik sapi maupun kambing.

“Kelompok tani ternak sudah kita minta persiapkan hewan qurban,” ucapnya.

Indetifikasi sejumlah sapi berkualitas juga sedang dilakukan pihaknya. Karena sudah ada surat masuk untuk persiapan sapi yang akan menjadi sapi presiden. Sejumlah sapi sudah masuk kreteria usulan sapi presiden tersebut.

“Kemari. (tahun lalu) presiden pernah ambil disini dan mudah-mudahan mau ambil di sini atau tidak,” pungkasnya. (win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 108

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *