Mengunjungi Destinasi

F Bok 3

IST/RADAR MANDALIKA INDAH: Seorang pengunjung foto di Bukit Nipah Lombok Utara.

Wisata Baru Bukit Nipah


Bukit Simpan Sejuta Keindahan, Bisa Lihat Gunung Agung Bali


Bicara wisata di Lombok Utara pandangan orang sebagian besar hanya tiga gili. Gili Trawangan, Meno dan Air disamping yang populer juga air terjun Sendang Gile Senaru.

 Tapi daerah di ujung Utara Pulau Lombok itu memiliki potensi alam yang menjadi sumber destinasi wisata baru. Yakni, salah satunya Bukit Nipah.


AHMAD ROHADI-LOMBOK UTARA

BUKIT Nipah menjadi salah satu destinasi wisata baru di Lombok Utara. Tidak banyak yang tahu keberadaannya karena memang jarang terekspos, lokasinya yang menjurus ke view pantai tiga gili ini teat untuk spot Selfi dan menikmati udara segar di atasnya karena masih terbilang asri.

Bukit nipah berlokasi di Dusun Nipah, Desa Malaka, Pemenang, Lombok Utara. Bukit Nipah ini dikelola oleh masyarakat sekitar dipercantik dengan menyiapkan spot Selfi dan gerbang pintu masuk serta tempat duduk yang adem dengan sokongan udara yang segar, sambil memandang keindahan pantai  yang ada di bawahnya.

Saat pandemi covid-19. Pengunjung di lokasi ini terlihat mulai sepi. Tapi, pada awal-awal ditata, bukit ini cukup ramai, terutama dikunjungi oleh warga luar Lombok Utara.

“Sebelum covid 19, banyak yang datang,” kata anggota Pokdarwis Bukit Nipah, Abdi Minggu (8/11).

Akses ke Bukit Nipah jelasnya dilalui dengan jalan kaki, namun tak perlu khawatir jalannya tidak terlalu terjal. Jarak dari parkir kendaraan roda dua yakni sekitar 500 meter ke lokasi Bukit Nipah. Petunjuk ke lokasi juga Sudah ada berupa plank sederhana dari kayu yang dibuat pengurus Pokdarwis setempat. Karena memang untuk fasilitas dari pemerintah belum ada untuk tempat wisata ini.

Fasilitas penjunjang di Bukit Nipah memang tidak terlalu banyak. Hanya ada pondok panggung tempat spot selfi dan pondok berteduh sederhana. Begitu sederhana. Tapi, kalau bicara view atau pemandangan Bukit Nipah rajanya.

Di sini, pengunjung puas melihat panorama pantai kawasan Malaka, tiga gili, dan Gunung Agung Bali. Di Bukit Nipah sangat asyik dan cocok untuk dijadikan tempat camping juga. Bagi Anda yang suka trekking tipis-tipis, Bukit Nipah sangat cocok.

Abdi menjelaskan, Bukit Nipah sudah berdiri kurang lebih 3 tahun. Dikelola secara swadaya dan mandiri. Tetapi sejak Covid-19 merebak, pengunjung ke Bukit Nipah sepi, pengelola pun mengerjakan aktivitas lainnya.

“Disini kami tidak memungut uang masuk, hanya bayar seikhlas pengunjung saja. Untuk kebersihan sampah misalnya. Prioritas kami belum ke arah sana (kemandirian ekonomi),” tuturnya.

dia menceritakan, jarang warga KLU yang ke Bukit Nipah, yang banyak malah dari luar KLU, seperti warga Mataram dan Lobar. Namun pihaknya menyadari lokasi ini agak jarang terkekspos di masyarakat, ia melihat kunjungan yang dirasakan berdasarkan pengalaman pengunjung yang satu dengan menceritakan kepada yang lain sehingga menarik minat untuk menyambanginya.

“Kita berharap kedepan bisa viral luas,” harap Abdi.

Bukit ini sendiri, lanjutnya merupakan masih tanah milik warga. Tapi diizinkan pemilik untuk dikelola secara mandiri kepada pemuda setempat.

Awal-awal terbentuk, anggota Pokdarwis sudah mendapatkan pelatihan dari dinas terkait. Namun, ia berharap untuk sekarang agar kawasan Bukit Nipah lebih diperhatikan lagi oleh semua stakeholder.

“Semoga kembali ramai seperti dulu,” harapnya.(*)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Digital Marketing, Kunci Keberhasilan di Era Digital

Read Next

Gubernur Temui Warga Batu Rotok

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *