IST/RADAR MANDALIKA SEMANGAT: H.Taufik mantan Kades Gili Indah saat panen sayuran jenis slada di pekarangan rumahnya.

Kembangkan Tanam Hidroponik, Manfaatkan Lahan 4 Are

 

 

 

 

H.Taufik merupakan mantan Kepala Desa Gili Indah. Saat ini dia tengah disibukkan dengan memilih terjun berkarya dalam sektor pertanian. Berikut liputannya.

AHMAD ROHADI–LOMBOK UTARA

PULAU Gili salah satu objek wisata di Lombok Utara. Terbangunnya hotel di kawasan tersebut tidak dapat dipungkiri termasuk menjamur investasi di wilayah tersebut tampak cukup tinggi.
Melihat perkembangan yang baik itu pun membuat Mantan Kades Gili Indah H.Taufik memfokuskan diri untuk mengembangkan tanaman holtikultura di sekitaran lahan rumahnya. Tak ayal dari tekad yang kuat serta adanya dasar ilmu yang dimiliki dalam mengembangkan budidaya pertanian itu pun cukup sukses.

“Bercocok tanam ini menjadi hoby saya,  jenis sayuran yang saya geluti berupa tanaman selada, saya melihat sayuran yang satu ini cukup tinggi minatnya,” kata Taufik.

dia mengakui mulai menggeluti tanaman itu sejak pandemi dan kini hampir genap setahun, ia memulai menggeluti budidaya pertanian holtikultura itu jelasnya berawal dari pengamalan dan juga menggali informasi disejumlah media sosial terkait strategi-strategi dalam pengembangan alhasil ia pun sukses dalam uji coba itu dan kini terus berlanjut.

“Memang tidak banyak yang saya tanam karena kendala lahan, namun kini masih tetap saya tekuni,”bebernya.

Dia menerangkan awal mulai melakukan budidaya holtikultura tersebut ia mencoba di lahan kurang lebih 1/4 are dan seiring perkembangan waktu kini telah diperluas tempat bercocok tanam hingga 4 are.

Ia mengakui dalam satu kali panen saat ini mencapai hingga 40 kilo sayuran selada, dari sayuran yang berhasil dipanen itu jelasnya mulai dipasarkan ke sejumlah hotel-hotel yang ada di wilayah Gili Air tempat dia tinggal.

“Ada juga warga sekitar yang bertindak sebagai pedagang membeli,” bebernya.(*)

 

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 484

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *