Lansia Beransak Rayakan Kemerdekaan Republik Indonesia

F Lansia

FOTO KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID MERDEKA: Para warga wanita lanjut usia (Lansia) peserta upacara HUT RI ke-76 saat memberikan penghormatan kepada bendera merah putih, Selasa kemarin.

PRAYA – Sejumlah warga lanjut usia (Lansia) di Kampung Beransak Kelurahan Tiwugalih, Kecamatan Praya merayakan HUT Republik Indonesia ke-76, Senin kemarin. Para lansia ini membagi tugas. Mulai dari anggota pengibar bendera merah putih, komandan upacara bahkan petugas lain diisi oleh para lansia semua.
Upacara bendera merah putih ini pun sempat membuat heboh warga di sana. Termasuk warganet yang menyaksikan tayangan live di media social upacara bendera.
Salah satu petugas pengibar bendera, Salmah 65 tahun mengaku merasa sangat senang dan bahagia bisa merayakan HUT RI. Bahkan lebih membanggakan lagi ia berkesempatan menjadi pengibar bendera.
“Saya dulu pernah begini saat duduk di kursi SD. Tumben kibarkan bendera lagi,” katanya kepada media di lokasi.
Salman melanjutkan, kegiatan yang dilaksanakan saat ini mendadak. Bahkan dia diminta paginya langsung menjadi petugas pengibar bendera.
“Saya berharap di hari kemerdekaan saat ini, semoga Covid-19 segera berlalu dan masyarakat dapat beraktivitas secara normal,” harapnya.

Sementara, Ketua Pengurus Bale Rakyat Sekar Kedaton, L Juaini Makmun mengaku sangat bersyukur dengan kondisi negara sekarang bisa kembali merayakan HUT kemerdekaan ke-76.
“Para lansia ini sangat banyak sekali bercerita, mereka hanya bertugas saat duduk dibangku SD saja,” katanya.

Dalam upacara ini, tetap mengedepankan protokol kesehatan covid. Sementara usai acara upacara dilakukan bakti sosial dengan memberikan paket sembako kepada lansia dan anak yatim di lokasi.
Inisiator kegiatan Johan Hadi alias Amaq Ohan menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan oleh berbagai komunitas social. Di antaranya, Tulus Angen Community (TAC), nelayan, petani, dan Yayasan Sekar Lolipop di bawah naungan Bale Rakyat.
Kegaiatan ini juga sebagai momentum mengulas kembali bagaimana sejarah giroh juang Indonesia dalam memproklamirkan kemerdekaan. “Negara yang besar adalah yang menghargai jasa para pahlawan,” katanya.

Di samping itu, Komandan Kodim 1620 Lombok Tengah bertindak menjadi komandan upacara HUT RI ke-67 di kantor gubernur, kemarin.
Dandim 1620 Lombok Tengah, Letkol I Putu Tangkas ini merupakan TNI AD lulusan Akademi Militer angkatan tahun 2002. Dandim mengatakan, dirinya mengaku bangga menjadi Komandan Upacara HUT RI ke-76. Dandim menyebutkan tugas ini merupakan panggilan negara yang harus dilaksanakan.
“Kini saatnya kita tunjukkan pada dunia, dan katakan dengan lantang kepada mereka bahwa ini adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

ITDC Salurkan Dukungan untuk Bangunan Masjid Al-Hakim

Read Next

170 Napi Rutan Praya Dapat Remisi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *